Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Pilpres 2019

Pasang CCTV Mobile, Polisi Siapkan Pengamanan Ketat untuk Debat Capres Nanti Malam

Debat malam ini akan mempertemukan calon presiden Joko Widodo dan calon presiden Prabowo Subianto.

Pasang CCTV Mobile, Polisi Siapkan Pengamanan Ketat untuk Debat Capres Nanti Malam
Wartakota/Angga Bhagya Nugraha
Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) tengah melakukan gladi resik pengamanan jelang Debat ke empat Pilpres Pemilu 2019 di Hotel Shangrilla, Jakarta Pusat, Jumat (29/3/2019). Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar debat keempat Pilpres 2019 ini hanya akan diikuti para calon presiden (capres), yaitu Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto. Tema debat keempat Pilpres 2019 kali ini adalah tentang ideologi, pemerintahan, keamanan, serta hubungan internasional. (Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepolisian Republik Indonesia menyiapkan sistem pengamanan ketat pada debat keempat Pemilihan Presiden 2019 di Hotel Shangri-La, Jakarta Pusat, Sabtu (30/3/2019) nanti. 

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan, teknologi kamera pengintai dan face recognition akan digunakan untuk menjaga keamanan selama debat. 

"Kami juga memasang CCTV mobile. Ada beberapa mobil khusus untuk memonitor jalannya debat yang berada di luar atau sekitar debat," kata Dedi di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (29/3/2019). 

Ia mengatakan, teknologi lain bernama face recognition yang digunakan Polri akan merekam siapa saja yang hadir di lokasi debat serta melihat data orang tersebut. 

Dedi melanjutkan, teknologi kamera pengintai dan face recognition juga disiapkan di mobil-mobil patroli yang nantinya akan berada di sejumlah lokasi nonton bareng debat. 

Baca: Rajin Mengonsumsi Tomat Bikin Panjang Umur

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengatakan, ada 5.000 personel gabungan yang akan mengamankan penyelenggaraan debat malam nanti. 

Argo menjelaskan, personel gabungan akan dibagi dalam empat lapis pengamanan. Pengamanan lapis pertama berada di ruang debat dengan penjagaan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres). 

Baca: Jadwal Konser Westlife di Jakarta Nambah Jadi Dua Hari

"Karena yang datang adalah Bapak Jokowi sebagai capres, maka pengamanan lapis pertama adalah Paspampres, ada pintu yang akan disterilisasi. Semua orang yang akan masuk harus dicek, ada ID card khusus yang dikeluarkan KPU," ujarnya.  

Pengamanan lapis kedua di luar ruangan debat, yakni lantai satu dan basementHotel Shangri-La. Sementara itu, pengamanan lapis ketiga adalah jalan sekitar kawasan hotel. 

"Kalau pengamanan lapis keempat ada di jalan menuju tempat lokasi debat, misalnya Simpang Dukuh Bawah. Semuanya kami atur, jangan sampai ada kemacetan yang panjang," kata Argo.  

Halaman
12
Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Choirul Arifin
Sumber: Kompas.com
  Loading comments...

Berita Terkait :#Pilpres 2019

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas