Tribun

Karawang Jadi Kawasan yang Makin Prospektif untuk Hunian Premium, Ini Alasannya

Banyaknya perusahaan internasional yang menanamkan modalnya di Karawang menjadikan Karawang menjadi pasar yang menarik bagi pengembang properti.

Editor: Choirul Arifin
zoom-in Karawang Jadi Kawasan yang Makin Prospektif untuk Hunian Premium, Ini Alasannya
Kompas.com/Farida
Banyaknya perusahaan internasional yang berinvestasi di berbagai kawasan industri di Kabupaten Karawang menjadikan Karawang wilayah yang menarik bagi pengembang properti untuk membangun hunian premium. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sebagai wilayah penyangga ibu kota, Karawang kini menjelma menjadi titik pertumbuhan ekonomi baru di Timur Jakarta.

Banyaknya investor luar negeri yang menanamkan modalnya di berbagai kawasan industri di Karawang menjadikan wilayah ini menjadi pasar yang sangat menarik bagi pelaku industri properti, sejalan dengan tingginya kebutuhan hunian oleh para ekspatriat serta para pekerja yang berkarier di Karawang.

Hal ini didukung pula oleh fasilitas infrastruktur yang terus berkembang di wilayah Karawang yang juga menjadi fokus prioritas Pemerintah Kabupaten Karawang di 2022.

Director Research Consultancy Savills Indonesia Anton Sitorus mengatakan, dalam jangka panjang Karawang akan menjadi daya tarik investor sektor properti.

Alasannya, perusahaan multinasional berskala besar menyerap banyak tenaga kerja, baik di wilayah Karawang Jabodetabek, dan wilayah lainnya yang tentu membutuhkan hunian yang layak dan mendukung mobilitas masyarakat yang sangat tinggi.

”Tentu akan meningkatkan kebutuhan hunian untuk karyawan pabrik dan eksekutif serta ekspatriat. Maka pengembang masih terus melihat Karawang sebagai area yang prospektif,” ujar Anton dalam keterangannya, Jumat (29/7/2022).

Baca juga: Tingkatkan Daya Saing Kawasan Industri, Menperin Sediakan Harga Gas Bumi Tertentu untuk Pengusaha

Menurut dia, besarnya prospek investasi properti di Karawang sejalan dengan besarnya potensi pertumbuhan perusahaan-perusahaan yang membuka produksi di sana.

Semakin meningkatnya perekonomian dari hasil produksi maka saat itu juga terjadi pertumbuhan permintaan hunian.

”Karawang masih banyak yang belum digali. Saat ini, kebutuhan rumah dengan harga terjangkau demandnya memang masih mendominasi. Tapi untuk residensial dengan kelas di atasnya, itu yang masih prospektif,” ungkapnya.

Baca juga: Dorong Ekosistem Industri Halal yang Kuat, Kemenperin Bentuk 3 Kawasan Industri Halal

Anton juga meyakini keberadaan pengembang properti besar akan mempercepat realisasi Karawang sebagai tujuan baru investasi properti di Jawa Barat.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas