Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Ramadan

Musik Patrol Ramaikan Sahur di Probolinggo

Musik patrol Ramadhan atau yang lebih dikenal dengan musik pembangun sahur ketika bulan puasa tiba.

Editor: Anita K Wardhani
zoom-in Musik Patrol Ramaikan Sahur di Probolinggo
net

TRIBUNNEWS.COM PROBOLINGGO - Musik patrol Ramadhan atau yang lebih dikenal dengan musik pembangun sahur  ketika bulan puasa tiba. Permainan musik ini biasanya dimainkan oleh anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah dasar, rata-rata mereka masih berusia 10-12 tahun.

Alunan musik patrol ini terdengar merdu, saat dimainkan oleh anak-anak di Desa Pesisir Kecamatan Sumberasih Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Mereka dengan serempak memukul alat musiknya yang tebuat dari  sisa barang bekas.

Alat musik yang terbuat dari barang rongsokan tersebut terdiri dari jerigen, potongan besi dan kentongan yang terbuat dari bambu. Dengan alat yang sederhana itu bisa membuat  alunan musik yang enak didengarkan.

Salah satu pemain musik patrol, Iwan seperti dikutip Tribunnews.com dari
NU Online  mengatakan jerigen tersebut berasal dari barang bekas yang ada di rumahnya. "Saya ambil untuk dijadikan alat musik patrol," katanya.

Dia memainkan alat tesebut ketika sudah menjelang Maghrib bersama teman-temannya. Karena pada saat itu dia dan teman-temannya mencoba untuk memainkan musik tesebut. "Jadi kalau sudah sahur saya memainkan lagi di halaman rumah bersama teman-teman dengan mengucapkan sahur-sahur, sahur-sahur," ujarnya.

Menurut salah satu anggota patrol Andik, dalam musik patrol tersebut dia memegang kentongan yang terbuat dari bambu. Dia mendapatkan alat tersebut dari ayahnya."Saya minta kepada ayah saya untuk dibuatkan kentongan untuk dijadikan alat memainkan musik patrol bersama teman-teman," akunya.

Andik mengatakan alat tersebut ketika sudah selesai dimainkan disimpan di rumahnya masing-masing. Jadi ketika sudah mau memainkannya lagi tidak kebingungan untuk mencarinya. "Kalau sudah pukul 15.00, saya bersama teman-teman rutin untuk memainkan musik tersebut, dengan berkeliling ke rumah-rumah penduduk," terangnya.

BERITA TERKAIT

Dia juga mengatakan, kalau sudah bulan puasa datang, dia  sangat senang karena dia bisa memainkan alat musik patrol tersebut bersama teman-temannya. Setiap  bulan puasa dia selalu aktif mengikuti permainan tersebut. "Kalau tidak mengikutinya saya ketinggalan dengan teman-teman yang aktif dalam permainan itu," pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas