Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Ramadan

Menhub Jamin Bus Gratis Sudah Layak Diberangkatkan

Menteri Perhubungan (Menhub) E.E Mangindaan menjamin bus mudik gratis yang diberangkatkan sudah periksa terlebih dahulu, sehingga aman dan nyaman

Editor: Gusti Sawabi
zoom-in Menhub Jamin Bus Gratis Sudah Layak Diberangkatkan
Istimewa
Menteri Perhubungan saat meninjau dan melepas pemudik gratis Lebaran 2014 serta meninjau sarana penunjang mudik. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rahmat Patutie

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) E.E Mangindaan menjamin bus mudik gratis yang diberangkatkan sudah periksa terlebih dahulu, sehingga keamanan dan kenyamanan para pemudik tetap tejamin.

"Semua sudah kami serahkan ke Organda, empat sehat. Sehat bus nya sehat pengemudi dan krunya, sehat penumpang dan sehat petugas, ujarnya kepada wartawan setelah pelepasan pemberangkatan di Halaman Parkir Monas Pintu Barat Daya, Jakarta, Kamis (24/7/2014).

Sebanyak 92 unit bus disiapkan untuk mengangkut para pemudik ke 9 kota tujuan, yakni Tasikmalaya, Kebumen, Cilacap, Purwokerto, Yogyakarta, Solo, Wonogiri, Wonosobo, dan Magelang.

Sedangkan penumpangnya tercatat sebanyak 4.937 orang penumpang yang terdiri dari 4.021 orang penumpang deawasa dan 916 penumpang anak dan balita.

Dari 2.272 orang yang mendaftar, sebanyak 1.528 orang yang menyerahkan sepeda motornya dari tanggal 21-22 Juli 2014 untuk diangkut dengan menggunakan 33 unit truk pengangkut. Selain itu, Semua sepeda motor yang di angkut telah di lindungi oleh asuransi.

E.E Mangindaan mengatakan, bahwa Ini adalah pemerintah untuk mengurangi kepadatan lalu lintas. Sebab, Beberapa tahun belakangan, kata dia pemudik khususnya yang menggunakan sepeda motor menigkat, sehingga mengakibatkan banyak kecelakaan.

BERITA TERKAIT

"Oleh karenanya, harus kita perhatikan, salah satunya adalah kepedulian kami. Selama ini korban kecelakan sebanyak 70 persen dari pengguna sepeda motor," katanya.

Ia menambahkan, mudik gratis yang diselenggarakan oleh Direktorat Jendral Perhubungan Darat Kementrian Perhubungan itu juga bertujuan untuk mengurangi kepadatan arus lalu lintas pengguna motor perjalanan mudik maupun arus balik Lebaran.

Ia berharap, kepadatan arus lalu linta bisa longgar, tidak ada kecelakaan  selama arus mudik di jalan raya, sehingga selamat sampai tujuan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas