Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Ramadan

Teladan Ustaz Arifin Ilham Siapkan Hidup dan Matinya, Wasiat Kain Kafan dan Makam Pun Terlaksana

Berwasiat soal kain kafan hingga makam, Kepergian Ustaz Arifin Ilham seolah memberikan teladan pada muslim agar menyiapkan hidup dan mati.

Editor: Anita K Wardhani
zoom-in Teladan Ustaz Arifin Ilham Siapkan Hidup dan Matinya, Wasiat Kain Kafan dan Makam Pun Terlaksana
Tribunnews/Herudin
Putra Ustaz Arifin Ilham, Muhammad Amer Azzikra, Muhammad Alvin Faiz, dan Muhammad Azka Najhan saat pemakaman ayahandanya di Komplek Pesantren Az Zikra, Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (23/5/2019) malam. Arifin Ilham meninggal karena sakit kanker getah bening yang dideritanya. Tribunnews/Herudin 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ustaz Muhammad Arifin Ilham meninggal dunia di Penang, Malaysia, pada Rabu (22/5/2019) malam. Kepergiannya seolah memberikan teladan pada muslim agar menyiapkan hidup dan mati.

Ustaz Arifin Ilham pun seperti sudah sangat siap menjemput kematiannya. Ia pun berwasiat, mulai kain kafan hingga lokasi makam sudah disiapkan.

Di akhir hidupnya, anak dan istri-istrinya yang ditinggalkan telah memenuhi wasiatnya.

Keluarga dan pengurus Pondok Pesantren Az-Zikra dua kali menggelar salat jenazah begitu jenazah penceramah Ustaz Arifin Ilham tiba di Bandara Halim Perdanakusuma Jakata Timur, usai diterbangkan dari Penang, Malaysia, Kamis (23/5/2019) sore.

VIDEO Detik-detik Jenazah Ustaz Arifin Ilham Diturunkan dari Pesawat Dibagikan Ustaz Yusuf Mansur
VIDEO Detik-detik Jenazah Ustaz Arifin Ilham Diturunkan dari Pesawat Dibagikan Ustaz Yusuf Mansur (instagram.com/yusufmansurnew dan @kh_m_arifin_ilham)

Selain keluarga, sejumlah pejabat menyambut dan mengiringi pemberangkatan jenazah Ustaz Arifin ke tempat pemakaman di lingkungan Pondok Pesantren Az-Zikra, Cibadung, Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat.

Di antaranya Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Ketua MPR Zulkifli Hasan, dan Gubernur DKI Anies Baswedan.

Jenazah disalatkan jemaah di dua masjid, yakni yang berada di Pondok Pesantren Az-Zikra Sentul dan Az-Zikra Gunung Sindur.

Jemaah melaksanakan salat jenazah almarhum Ustaz KH Muhammad Arifin Ilham di Masjid Az-Zikra, Sentul, Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (23/5/2019). Ustaz Arifin Ilham meninggal dunia pada usia 49 tahun karena sakit dan dimakamkan di kompleks pondok pesantren Az-Zikra Gunung Sindur, Bogor. Warta Kota/Alex Suban
Jemaah melaksanakan salat jenazah almarhum Ustaz KH Muhammad Arifin Ilham di Masjid Az-Zikra, Sentul, Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (23/5/2019). Ustaz Arifin Ilham meninggal dunia pada usia 49 tahun karena sakit dan dimakamkan di kompleks pondok pesantren Az-Zikra Gunung Sindur, Bogor. Warta Kota/Alex Suban (Warta Kota/Alex Suban)
BERITA TERKAIT

Tidak lama disemayamkan di rumah duka atau kediaman, jenazah dibawa ke masjid diiringi lantunan kalimat zikir dan salawat.

Di dalam masjid, kalimat zikir terus dilafaskan.

Putra Ustaz Arifin Ilham, Muhammad Amer Azzikra, Muhammad Alvin Faiz, dan Muhammad Azka Najhan saat pemakaman ayahandanya di Komplek Pesantren Az Zikra, Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (23/5/2019) malam. Arifin Ilham meninggal karena sakit kanker getah bening yang dideritanya. Tribunnews/Herudin
Putra Ustaz Arifin Ilham, Muhammad Amer Azzikra, Muhammad Alvin Faiz, dan Muhammad Azka Najhan saat pemakaman ayahandanya di Komplek Pesantren Az Zikra, Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (23/5/2019) malam. Arifin Ilham meninggal karena sakit kanker getah bening yang dideritanya. Tribunnews/Herudin (Tribunnews/Herudin)

Setelahnya, salat jenazah dipimpin oleh putra sulung Ustaz Arifin, Muhammad Alvin Faiz sekitar pukul 17.35 WIB.
Para pengurus Ponpes Az-Zikra Gunung Sindur sudah tampak sibuk menyiapkan sebuah liang lahat sejak Kamis pagi.

Liang lahat tersebut untuk pemakaman jenazah Ustaz Arifin Ilham. Sejumlah tenda di lokasi makam juga didirikan.
Meski jenazah sang ustaz belum datang ke lokasi pemakaman, namun sejumlah pelayat dari berbagai daerah terus berdatangan.

Mayoritas para pelayat yang datang mengenakan pakaian serba putih.

Penanggung Jawab Tahfizh Alquran Ponpes Az-Zikra Gunung Sindur, Abdur Rahman mengatakan, pihaknya sengaja menyiapkan liang lahat untuk pemakaman Ustaz Arifin Ilham di lingkungan ponpes sebagaimana permintaan atau wasiat dari almarhum semasa hidup.

Bahkan, permintaan itu disampaikan Ustaz Arifin Ilham pada 2015.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas