Tribun Ramadan

Idul Fitri 2020

Bagaimana Tata Cara dan Niat Salat Idul Fitri di Rumah? Begini Penjelasan Resmi dari MUI

Bagaimana Tata Cara dan Niat Salat Idul Fitri di Rumah? Begini Penjelasan Resmi dari Fatwa MUI.

Penulis: Lanny Latifah
Editor: Ayu Miftakhul Husna
Bagaimana Tata Cara dan Niat Salat Idul Fitri di Rumah? Begini Penjelasan Resmi dari MUI
https://www.freepik.com/
Ilustrasi sujud dalam salat (www.freepik.com) 

TRIBUNNEWS.COM - Simak tata cara dan niat salat Idul Fitri di rumah menurut penjelasan resmi dari MUI.

Salat Idul Fitri tahun ini kemungkinan akan dilaksanakan di rumah masing-masing, akibat pandemi corona yang semakin merenbak.

Hal ini berkaitan karena adanya pandemi Covid-19 serta merupakan upaya dari pemerintah untuk mencegah menularnya wabah tersebut.

Salat Idul Fitri hukumnya sunnah, bisa dilakukan secara sendiri maupun berjamaah.

Sebelumnya, berikut terdapat empat butir ketentuan terkait pelaksanaan Idul Fitri di kawasan Covid-19:

1. Jika umat Islam berada di kawasan Covid-19 yang sudah terkendali pada saat 1 Syawal 1441 H, yang salah satunya ditandai dengan angka penularan menunjukkan kecenderungan menurun dan kebijakan pelonggaran aktifitas sosial yang memungkinkan terjadinya kerumunan berdasarkan ahli yang kredibel dan amanah, maka salat idul fitri dilaksanakan dengan cara berjamaah di tanah lapang, masjid, mushalla, atau tempat lain.

2. Jika umat Islam berada di kawasan terkendali atau kawasan yang bebas Covid-19 dan diyakini tidak terdapat penularan (seperti di kawasan pedesaan atau perumahan terbatas yang homogen, tidak ada yang terkena Covid-19, dan tidak ada keluar masuk orang), salat idul fitri dapat dilaksanakan dengan cara berjamaah di tanah lapang, masjid, mushalla, atau tempat lain.

3. Salat Idul Fitri boleh dilaksanakan di rumah dengan berjamaah bersama anggota keluarga atau secara sendiri (munfarid), terutama jika ia berada di kawasan penyebaran Covid-19 yang belum terkendali.

4. Pelaksanaan salat Idul Fitri, baik di masjid maupun di rumah harus tetap melaksanakan protokol kesehatan dan mencegah terjadinya potensi penularan.

Hal tersebut tercantum dalam Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor 28 Tahun 2020 tentang Panduan Kaifiat Takbir dan Salat Idul Fitri saat Pandemi Covid-19.

Halaman
1234
Sumber: TribunSolo.com

Punya pertanyaan seputar zakat , infaq dan sedekah ? Anda dapat bertanya dan berkonsultasi langsung ke Konsultasi Zakat yang langsung dijawab Baznas (Badan Amil Zakat Nasional)

Kirim pertanyaan Anda ke konsultasi@tribunnews.com

Untuk lebih lanjut kunjung Rubrik Konsultasi Islami Tribunnews.com

Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas