Tata Cara Shalat Idul Fitri di Rumah, Lengkap dengan Niat, Jumlah Takbir, Bacaan di Sela-sela Takbir
Simak tata cara shalat Idul Fitri di rumah. Lengkap dengan niat, jumlah takbir dalam setiap rakaat, dan bacaan di sela-sela takbir.
Penulis: Sri Juliati
Editor: Ifa Nabila
TRIBUNNEWS.COM - Inilah tata cara shalat Ied di rumah baik secara sendiri/munfarid atau berjamaah.
Lengkap dengan niat shalat Idul Fitri, jumlah takbir dalam setiap rakaat shalat Ied, dan bacaan di sela-sela takbir.
Shalat Idul Fitri adalah shalat sunnah dua rakaat yang dikerjakan umat muslim pada pagi hari saat hari raya Idul Fitri.
Pada Lebaran 2020, umat Islam diimbau untuk melaksanakan shalat Idul Fitri di rumah.
Hal ini sesuai dengan imbauan pemerintah untuk menjaga jarak karena pandemi Corona.
Baca: Bacaan Niat Shalat Idul Fitri di Rumah, Sendiri atau Berjamaah, Lengkap dengan Ketentuannya
Baca: Contoh Naskah Khutbah untuk Shalat Ied di Rumah, Idul Fitri 1441 H/2020
Senada dengan imbauan itu, Majelis Ulama Indonesia (MUI) merilis fatwa tentang panduan kaifiat takbir dan shalat Idul Fitri saat pandemi Covid-19.
Menurut MUI, shalat Idul Fitri dapat dilakukan di rumah baik secara sendirian/munfarid maupun berjamaah.
Bila dilakukan secara berjamaah, maka jumlah jamaah yang melaksanakan shalat Ied minimal empat orang.
Rinciannya, satu orang menjadi imam dan tiga lainnya makmum.
Selain itu, setelah Ied di rumah, khatib bisa melaksanakan khutbah.
Namun, jika jumlah jamaah kurang dari empat orang, maka shalat Idul Fitri boleh dilakukan berjamaah tanpa khutbah.
Pun jika dalam pelaksanaan shalat Idul Fitri berjamaah di rumah tidak ada yang berkemampuan untuk khutbah, maka boleh dilakukan tanpa khutbah.
Bila shalat Idul fitri dilaksanakan secara sendiri (munfarid), maka tidak perlu ada khutbah.
Adapun tata cara shalat Ied di rumah sama seperti pelaksanaan shalat Ied di lapangan atau masjid.
Baca: Bacaan Niat Shalat Idul Fitri di Rumah Lengkap Beserta Tata Cara dan Pelaksanaan Khutbah
Baca: Ketentuan Shalat Ied di Rumah: Jumlah Jamaah Minimal 4 Orang, Boleh Tidak Pakai Khutbah Asal. . .