Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Ramadan

Siap Tampung 14 Ribu Jemaah, Jakarta International Stadium Gelar Salat Idul Fitri Bareng Anies

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dipastikan akan melaksanakan ibadah Salat Idul Fitri di Jakarta International Stadium (JIS).

Editor: Wahyu Aji
zoom-in Siap Tampung 14 Ribu Jemaah, Jakarta International Stadium Gelar Salat Idul Fitri Bareng Anies
AFP/ADEK BERRY
Foto udara memperlihatkan Jakarta International Stadium (JIS) yang baru selesai dibangun untuk menggelar pertandingan sepak bola dan konser musik, di Jakarta Utara, Minggu (17/4/2022). AFP/ADEK BERRY 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dipastikan akan melaksanakan ibadah Salat Idul Fitri di Jakarta International Stadium (JIS), Papanggo, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

"Pak Anies pastinya datang pas Salat Idul Fitri," ujar Kepala Bagian Mental Spiritual Biro Pendidikan dan Mental Spiritual (Dikmental) DKI Jakarta Aceng Zaini saat dihubungi melalui telepon, Kamis (21/4/2022).

Namun, untuk rangkaian acara Festival Takbiran di JIS, Aceng mengatakan kehadiran orang nomor satu di DKI Jakarta itu bersifat situasional.

"Kalau (ketika Festival Takbiran), (kehadiran) Pak Anies situasional," kata dia.

Rangkaian acara hari besar keagamaan Idul Fitri 1443 Hijriah, kata Aceng, akan dirangkai dengan Festival Takbiran yang akan digelar di Plaza Barat Jakarta International Stadium.

Acara akan dimulai pukul 20.00 sampai 22.00 WIB dengan menghadirkan delegasi dari enam kota/kabupaten di DKI Jakarta untuk melakukan pawai takbir di sekitar JIS.

"Kami ada tampilan beduk takbiran, masing-masing wilayah kota/kabupaten menampilkan kreasi beduknya di JIS," ujar Aceng. 

BERITA REKOMENDASI

Dia menjelaskan, acara takbiran tidak berlangsung lama, karena Jakpro selaku pengelola JIS meminta waktu mempersiapkan tempat shalat Idul Fitri lebih awal di lokasi yang sama dengan lokasi festival.

"Setelah itu (Festival Takbiran) sudah rapi-rapi lagi persiapan besok (untuk shalat Idul Fitri)," kata dia.

Baca juga: Pemprov DKI Bakal Gelar Takbiran hingga Salat Idul Fitri di Jakarta International Stadium

Setelah shalat Idul Fitri, Aceng memastikan tidak ada lagi rangkaian acara lain seperti halalbihalal yang rutin dilakukan sebelum pandemi Covid-19 merebak.

Sebab, acara halalbihalal masih dilarang oleh pemerintah pusat untuk menghindari penularan masif kasus Covid-19.

"Finalnya shalat Idul Fitri, tidak ada halalbihalal, kan (masih) enggak boleh halalbihalal," ujar dia.

Siapkan 6 kantong parkir

Enam kantong parkir disediakan di sekitar area Jakarta International Stadium (JIS), Tanjung Priok, Jakarta Utara, saat penyelenggaraan salat Idulfitri 1443 Hijriah mendatang.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas