Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Ramadan

Tetap Dianjurkan Meski Berpuasa, Berikut Olahraga yang Cocok bagi Lansia

Meski sedang menjalankan puasa, olahraga untuk menjaga kebugaran tubuh tetap dianjurkan dengan waktu, durasi dan intensitas yang tepat.

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Wahyu Gilang Putranto
zoom-in Tetap Dianjurkan Meski Berpuasa, Berikut Olahraga yang Cocok bagi Lansia
Tribunnews/Irwan Rismawan
Ilustrasi Olahraga. Meski sedang menjalankan puasa, olahraga untuk menjaga kebugaran tubuh tetap dianjurkan dengan waktu, durasi dan intensitas yang tepat. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNEWS.COM,JAKARTA -- Meski sedang menjalankan puasa, olahraga untuk menjaga kebugaran tubuh tetap dianjurkan dengan waktu, durasi dan intensitas yang tepat.

Bagi kelompok lanjut usia (lansia) dan individu yang memiliki penyakit tertentu, faktor keamanan dan keselamatan menjadi hal yang krusial.

Dokter Spesialis Kedokteran Olah Raga sekaligus pengajar di Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Indonesia (UI), dr. Risky Dwi Rahayu, Sp.KO., mengatakan, sebelum memutuskan untuk olahraga status hidrasinya harus lebih diperhatikan.

Karenanya, disarankan memilih waktu latihan yang tepat yang mempermudah rehidrasi, misalnya di sore hari saat sebelum atau sesudah berbuka.

"Latihan setelah sahur disarankan intensitas ringan saja. Juga diperlukan tambahan latihan keseimbangan untuk mencegah jatuh pada kelompok lansia," kata dia dikutip Sabtu, (30/3/2024). 

Sementara untuk mereka yang memiliki kondisi kesehatan khusus, diperlukan konsultasi dengan dokter spesialis kedokteran olahraga terlebih dahulu untuk melihat keamanan dan kebutuhan supervisi latihan.

BERITA TERKAIT

Berolahraga saat berpuasa dapat meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga terhindar dari berbagai penyakit infeksi 

Aktivitas fisik yang dilakukan secara konsisten juga dapat mempertahankan kebugaran jantung-paru dan kekuatan otot sehingga terhindar dari rasa lemah dan kelelahan berlebihan.

Tak hanya itu, olahraga dapat memperbaiki fungsi kognitif, mood, dan mencegah stres, sehingga dapat melakukan pekerjaan sehari-hari dengan lebih baik. Dalam jangka panjang, berolahraga tentunya sangat bermanfaat karena dapat mencegah dan membantu penanganan penyakit kronis seperti obesitas, hipertensi, dan diabetes.

"Beberapa jenis olahraga yang baik dilakukan saat berpuasa adalah brisk walk atau jalan cepat, jogging, bersepeda, senam tai chi, senam aerobik atau zumba, pound fit, yoga, dan pilates,” kata dr. Risky.

Durasi berolahraga saat berpuasa tidak berbeda dari ketika tidak berpuasa. Untuk latihan kardiorespirasi atau aerobik, menyarankan untuk melakukannya dengan intensitas sedang sebanyak 150 menit per minggu yang dapat terbagi menjadi tiga sampai lima kali seminggu.

Baca juga: Wapres Maruf Minta Umat Islam Amalkan Quran dalam Kehidupan di Momen Ramadan

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas