Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Ramadan

BMKG: Jalur Mudik di Jabar dan Jateng Berpotensi Diguyur Hujan Lebat Jelang Idul Fitri

BMKG memprediksi bahwa ada potensi hujan lebat di beberapa ruas jalur mudik menjelang hari raya Idul Fitri 2024.

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Wahyu Aji
zoom-in BMKG: Jalur Mudik di Jabar dan Jateng Berpotensi Diguyur Hujan Lebat Jelang Idul Fitri
Tribunnews.com/Fransiskus Adhiyuda
ILUSTRASI H-4 Idul Fitri, ruas jalan Tol Cikampek-Palimanan KM 73 arah Cirebon terpantau ramai lancar, Selasa (18/4/2023). 

Laporan Wartawan Tribunnews Taufik Ismail

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG Eko Prasetyo mengatakan bahwa ada potensi hujan lebat di beberapa ruas jalur mudik menjelang hari raya Idul Fitri 2024.

Hal itu disampaikan Eko dalam rapat Kesiapan Pemerintah Menghadapi Risiko Bencana Hidrometeorologi pada arus mudik bersama Kantor Staf Presiden, Selasa, (2/4/2024).

"Seperti yang kami sampaikan sebelumnya ada beberapa hal yang perlu dicermati terkait kondisi cuaca, ada potensi hujan lebat di beberapa wilayah yang harus kita cermati atau waspadai diantaranya disebagian ruas jalur mudik di pulau Jawa. Terutama di ruas atau daerah Jawa Tengah dan Jawa Barat ini ada potensi hujan lebat menjelang lebaran atau pas mudik," kata Eko.

Selain di Pulau Jawa, potensi hujan lebat juga terjadi di beberapa wilayah diantaranya Sumatera, sebagian wilayah Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, dan Papua.

"Ini perlu dicermati apalagi di tanggal 1 atau awal April ini hingga tanggal 13 ini ada potensi ancaman banjir pesisir di beberapa wilyah, walaupun dibeberapa wilayah pesisir hanya saja tidak boleh kita abaikan kondisi ini karena ini juga dapat menggangu aktivitas nanti," katanya.

Menurut dia pada fase pancaroba sekarang  cuaca kerap berubah dengan cepat. Termasuk, perubahan kecepatan angin yang menyebabkan gelombang tinggi di penyeberangan.

BERITA REKOMENDASI

"Ini bisa menghambat lalu lintas mudik. Kita harus waspadai hal ini dan cermati mitigasinya," pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas