Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Dua Lurah di Binjai Ketahuan Tak Hadir di Hari Pertama

Amir mengatakan tim juga menemukan dua lurah yakni Lurah Bandar Sinembah dan Lurah Sukamaju tidak masuk kantor

Editor: Yudie Thirzano
zoom-in Dua Lurah di Binjai Ketahuan Tak Hadir di Hari Pertama
TRIBUN KALTIM/FACHMI RACHMAN
ilustrasi 

TRIBUNNEWS.COM, BINJAI - Di Kantor Sekretariat Pemko Binjai dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Binjai, tim pemantau kehadiran PNS yang dipimpin Sekda Pemko Binjai menngetahui Vivi Rubiyanti, yang juga istri Wakil Bupati Langkat, bersama lima PNS di Kantor Camat Binjai Barat tidak hadir.

Kepala BKD Pemko Binjai Amir mengatakan Vivi Rubiyanti sudah membuat surat permisi tidak masuk kerja dengan alasan menghadiri open house di rumah Bupati Langkat. Amir mengatakan tim juga menemukan dua lurah yakni Lurah Bandar Sinembah dan Lurah Sukamaju tidak masuk kantor.

Amir mengaku menelepon kedua lurah ini, untuk menanyakan alasan tidak masuk kerja.
"Lurah Bandar Sinembah mengaku sedang di jalan menuju kantor. Gak alasan itu, saya ambil absen. Begitu juga Lurah Sukamaju mengaku telat karena macet saat menuju Binjai dari kampungnya. Gak alasan itu," katanya, Kamis (23/8/2012).

Amir mengakui Kelurahan Sukamaju merupakan kelurahan teladan di Binjai. Lurah Sukamaju dinilai sebagai Lurah yang rajin, baik dalam menyelesaikan pekerjaan. Oleh karena itu, Amir kecewa atas temuan ketidakdisiplinan Lurah Sukamaju ini. "Dia sebenarnya baik, lagi pula dia orangnya rajin, tapi kok kali ini dia terlambat. Boleh pulang kampung tapi pekerjaan haru diutamakanlah," katanya.

Pantauan Tribun pada pukul 10.00, parkir kendaraan roda dua Pemko Binjai hanya terisi 25 persen. Ruangan kerja para PNS ini juga kosong. Saat Tribun kembali memantau pada pukul 14.30, kendaraan roda dua dan roda empat malah makin berkurang. Di Kantor Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil) Binjai, terlihat hanya sekitar 10 persen PNS yang masih di ruangannya.

Namun Kabid Pelayanan Kependudukan Disdukcapil Binjai, Sari yang ditemui di ruangannya, mengatakan tim Pemko Binjai sudah melakukan sidak ke kantor mereka. Hasilnya 97 persen PNS Disdukcapil hadir.

"Kami sudah disidak tadi, pak Wahyudi (Asisten II Sekda Kota Binjai) yang datang ambil absennya. Kehadiran kami bagus, 97 persen," ujarnya.

BERITA TERKAIT

Kemana semua PNS yang sebelumnya sudah meneken kehadiran? "Lagi istirahat," ujar Sari. Padahal saat itu sudah jam kantor. Suasana lebih sepi terlihat di Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu. Hanya ada dua PNS yang tampak.

Seorang di antaranya penjaga kantor bermarga Tarigan pada sedang membersihkan kantor itu. Tarigan mengatakan pegawai yang masuk cukup banyak.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Binjai, Amir mengatakan tingkat kehadiran PNS di jajaran Pemko Binjai mencapai 98 persen.

Amir mengatakan timnya mengadakan sidak usai apel pagi pukul 8.00. Tim sidak dibagi tiga tim yaitu BKD, para asisten dan Sekretaris Daerah. "Tiga tim berbagi tugas, ada yang sidak ke SKPD daerah Binjai Selatan, Binjai Utara, dan Binjai Timur," jelasnya.

Anggota Komisi A DPRD Kota Binjai, Irfan menyarankan Pemko Binjai harus memperketat absensi dengan menggunakan alat absensi eletronik untuk menekan manipulasi.

"Untuk kemajuan, kami juga anggota dewan akan mendukung untuk pengadaan alat absensi elektronik ini. Silakan Pemko mengajukan pengadaan alat itu di P-APBD 2012 atau RAPBD 2013," katanya.

Sumber: Tribun Medan
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas