Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

LBH Desak Kejati Usut Tuntas Kasus Korupsi Lahan Gedung Celebes

Penyidik Pidana Khusus Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulselbar didesak segera melimpahkan berkas tersangka dugaan

Editor: Dewi Agustina
zoom-in LBH Desak Kejati Usut Tuntas Kasus Korupsi Lahan Gedung Celebes
Ilustrasi Korupsi 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Abdul Azis

TRIBUNNEWS.COM, MAKASSAR - Penyidik Pidana Khusus Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulselbar didesak segera melimpahkan berkas tersangka dugaan tindak pidana korupsi pembebasan lahan gedung Celebes Convention Centre (CCC) di Jl HM Daeng Patompo, Makassar yang diduga merugikan negara hingga Rp 3,4 miliar.

"Seharusnya pihak kejaksaan sudah melimpahkan berkas tersangka ke pengadilan. Kalaupun masih ada pihak-pihak yang diduga terlibat dalam tindak pidana korupsi ini, harus pula kejaksaan mempercepat proses penyidikannya," kata Wakil Direktur Lembaga Bantuan (LBH) Makassar, Zulkifli Hasanuddin, Minggu (14/7/2013).

Zulkifli menambahkan, kejaksaan semestinya tidak lama menggantung kasus ini, karena untuk mencari unsur kerugian negara sangat mudah yaitu adanya proses ganti rugi dimana lahan tersebut adalah tanah negara. Apalagi ditambah keterangan dari beberapa saksi yang sudah diperiksa sebelumnya.

"Lambatnya penyidikan melakukan tindakan dalam kasus dugaan korupsi CCC membuktikan bahwa penyidik kejaksaan tumpul dan lemah menangani kasus yang melibatkan pejabat. Maka dari itu, kami meminta Kajati Sulsel, Muh Kohar mengevaluasi seluruh penyidik kasus ini serta memberikan sanksi bagi penyidik yang bermasalah seperti pola yang dilakukan KPK," tegasnya. (ziz)

BERITA REKOMENDASI
Sumber: Tribun Timur
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas