Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Lahan Sekitar Bandara Tjilik Riwut Diduga Sengaja Dibakar

Kebakaran lahan gambut tidak hanya faktor alam, namun juga karena disengaja untuk memudahkan buka lahan.

zoom-in Lahan Sekitar Bandara Tjilik Riwut Diduga Sengaja Dibakar
tribunnews.com/Faturahman/tribunnews.com/Faturahman
Bandara Tjilik Riwut, Palangkaraya. 

TRIBUNNEWS.COM, PALANGKARAYA - Kebakaran hutan dan lahan gambut di Kalimantan Tengah, mulai terjadi. Kebakaran lahan gambut tidak hanya faktor alam, namun juga karena disengaja untuk memudahkan buka lahan.

Kebakaran lahan, Jumat (23/08/2013) siang, terjadi di sekitar kawasan bandara Tjilik Riwut di Palangkaraya. Lahan seluas empat hektar itu diduga sengaja dibakar oleh pemiliknya untuk dijadikan area hotel.

Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalimantan Tengah, bersama TNI dan Polri, berupaya memadamkan api hingga lebih dari dua jam. Koordinator Lapangan BPBD Kalteng Agung mengatakan, pihaknya langsung menyerahkan pelaku kepada anggota kepolisian untuk ditindak sesuai aturan hukum yang berlaku.

“Mengaku untuk dibangun hotel, seluas empat hektar, selanjutnya kepada pihak kepolisian karena itu ranah hukum. Tugas kami melakukan pemadamannya saja," ujar Agung.

Kawasan sekitar bandara Tjilik Riwut menjadi salah satu area prioritas tim tanggap darurat bencana kebakaran hutan dan lahan gambut mengingat pada tahun sebelumnya, penerbangan dari dan menuju Palangkaraya selalu terganggu kabut asap. (kompas.com)

BERITA TERKAIT
Sumber: Kompas.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas