Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Selat Malaka Jalur 'Rawan' Lintasan Pelayaran

Selat Malaka lantaran dulunya kerap terjadi tindak kejahatan termasuk kejahatan perompak.

Editor: Budi Prasetyo
zoom-in Selat Malaka Jalur 'Rawan' Lintasan Pelayaran
Bangka Pos, Ryan A Prakasa
Panglima Komando RI Armada kawasan Barat, Laksamana Muda (Laksda) TNI Arief Rudianto SE 

Laporan wartawan Bangka Pos, Ryan A Prakasa

TRIBUNNEWS.COM  BANGKA-- Sejauh ini terdapat sejumlah titik kawasan perairan di negara Republik Indonesia (RI) dianggap sebagai jalur lintasan 'rawan'. Salah satunya yakni selat Malaka lantaran dulunya kerap terjadi tindak kejahatan termasuk kejahatan perompak.

Hal itu dikemukakan oleh Panglima Komando RI Armada kawasan Barat, Laksamana Muda (Laksda) TNI Arief Rudianto SE dalam jumpa pers di Novotel Bangka, Sabtu (21/9/2013) malam. 




Arief hadir dalam acara ramah tamah dengan Plt Gubernur Babel Rustam Effendi beserta para pejabat utama Lanal Babel, termasuk Danlanal Babel Letkol Laut (P) Iwa Kartiwa di aula pertemuan lantai 3 Novotel Bangka.

"Padahal titik lintasan kawasan selat Malaka tersebut sesungguhnya merupakan daerah lintasan pelayaran internasional jika kapal ingin berlayar menuju ke negara asia antara lain baik ke negara jepang maupun tujuan ke negara eropah atau ke Rusia," ujar Arief.

Dikatakan, kondisi jalur lintasan Selat Malaka 'rawan' dilalui kapal-kapal luar dulu sempat pula dipublikasikan oleh sejumlah media massa luar negeri.

Disisi lain, ungkap Arief ada indikasi pemberitaan tersebut berdampak terhadap kepentingan politis. Akibatnya, sebagian negara luar lainnya akan menilai negara kita ini sisi keamanan perairan laut tidak aman.

BERITA TERKAIT

"Itu kan siasat orang-orang luar saja yang menginginkan negara kita disebut nggak aman. Padahal tidak demikian. Dan saat ini pun TNI AL telah mempersiapkan sejumlah kapal-kapal patroli demi menjaga keamanan di laut negara kita," ujar Arief.

Tags:
Sumber: Bangka Pos
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas