Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Lima Caleg DPR RI-DPRD Jabar-DPRD Kota Kunjungi Makam Prabu Kian Santang

menjelang pemilu, beberapa calon legislatif juga mengunjungi tempat keramat seperti makam Prabu Kian Santang

Editor: Hasiolan Eko P Gultom

Laporan Tim Liputan Tribun Jabar

TRIBUNNEWS.COM, GARUT - Berbagai cara dilakukan calon anggota legislatif (caleg) agar bisa meraih suara terbanyak dalam pemilihan umum (pemilu), 9 April 2014. Selain menyosialisasikan diri melalui spanduk, media massa, dan media lainnya, tak sedikit di antara mereka yang meminta "petunjuk" di tempat keramat atau tokoh spiritual di berbagai daerah di Jawa Barat.

Di Garut, menjelang pemilu, beberapa calon legislatif juga mengunjungi tempat keramat seperti makam Prabu Kian Santang di Kampung Godog, Desa Lebakagung, Kecamatan Karangpawitan. Kuncen makam Prabu Kian Santang, Tatang Kurnia, mengatakan baru-baru ini, setidaknya ada lima caleg dari DPR RI, DPRD Jabar, sampai DPRD kabupaten/kota yang mengunjungi makam penyebar Islam di tanah Pajajaran ini.




"Mereka akan mencalonkan diri kembali menjadi anggota legislatif. Karena dulu pun sebelum menjabat sebagai anggota dewan, mereka kerap mengunjungi makam ini," kata Tatang saat ditemui di kawasan makam Prabu Kian Santang atau Syekh Sunan Ruhmat Suci, Sabtu (2/11/2013).

Tatang menuturkan para calon legislatif ini mengatakan kepadanya bahwa dengan berkunjung dan berdoa di tempat keramat ini, mereka mendapat berkah dan dorongan moral yang kuat. Hal ini disebabkan mereka berdoa di makam Wali Allah.

Menurut Tatang, sekitar 80 persen caleg atau pemangku jabatan lainnya yang berdoa di tempat ini kembali berdoa di makam ini karena berhasil mencapai cita-citanya. Mereka, tuturnya, menganggap berdoa di dekat Wali Allah akan mendatangkan berkah.

"Pengabulan doa itu sepenuhnya dari Allah. Dengan berziarah ke makam, mereka melakukan ikhtiar untuk mencapai cita-citanya, sekaligus mendapat dorongan moral dan semangat," katanya, seraya menyebutkan, para calon pejabat ini biasanya mendatangi makam pada hari libur, seperti Sabtu dan Minggu.

BERITA TERKAIT
Sumber: Tribun Jabar
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas