Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Korban Banjir Manado Butuh Tenda dan Makanan

PKPU mengirim tim yang akan membantu mengevakuasi korban banjir dipimpin oleh kepala cabang PKPU Manado, Dr. Amir Zuhdi

Penulis: Eko Sutriyanto
zoom-in Korban Banjir Manado Butuh Tenda dan Makanan
Tribun Manado/Fernando Lumowa/Fernando Lumowa
Hujan deras yang mengguyur Sulawesi Utara nonstop sejak Selasa (14/1/2014) mengakibatkan sejumlah wilayah di Manado terendam banjir, Rabu (15/1/2014. Kelurahan Tanjung Batu dan Kelurahan Sario Utara yang berada di sepanjang sisi kiri kanan bantaran terendam akibat luapan Sungai Sario. (Tribun Manado/Fernando Lumowa) 

TRIBUNNEWS.COM, MANADO - Tidak hanya bencana di Jawa saja yang mendapatkan bantuan lembaga kemanusiaan nasional PKPU, banjir yang terjadi di Manado pun mendapatkan perlakuan yang sama.

PKPU mengirim tim yang akan membantu mengevakuasi korban banjir  dipimpin oleh kepala cabang PKPU Manado, Dr. Amir Zuhdi.

"Kami juga membangun dapur air menyediakan air mineral, kopi, teh, susu, makanan bayi, susu bayi. Juga menyediakan  popok bayi dan kebutuhan ibu hamil dan lansia," kata Amir dalam emailnya, Kamis (16/1/2014).

Dikatakannya, bencana banjir mengakibatkan sejumlah akses jalan dan jembatan terputus akibat genangan air maupun longsor. Jaringan  komunikasi dan jaringan listrik juga putus.

"Di samping  perahu karet, tenda, matras untuk mengevakuasi,  korban banjir di Manado membutuhkan  selimut, makanan, pakaian dan kebutuhan dasar," katanya.

Hujan yang mengguyur Kota Manado sejak Selasa (14/1/2014) hingga Rabu (15/1) pagi, membuat sebagian wilayah di Kota Manado terendam banjir.

Di Kanaan, Ranotana Weru Lingkungan 9, banjir yang berasal dari luapan sungai telah naik hingga ketinggian mencapai atap rumah. Sementara, di Lingkungan 1, warga terjebak di dalam rumah dan tidak bisa keluar.

BERITA TERKAIT

Kombinasi antara faktor alam dan antropogenik memicu terjadinya banjir bandang dan longsor yang masifi di Sulawesi Utara ini.

Banjir terjadi di 6 kabupaten/kota di Sulut secara bersamaan, yaitu Kota Manado, Minahasa Utara, Kota Tomohon, Minahasa, Minahasa Selatan, dan Kepulauan Sangihe. Data sementara dampak keseluruhan, 13 orang tewas, 2 orang hilang, dan sekitar 40 ribu mengungsi.

Hujan deras dipicu oleh sistem tekanan rendah di perairan selatan Filipina yang menyebabkan pembentukan awan intensif. Selain itu juga adanya konvergensi dampak dari tekanan rendah di utara Australia sehingga awan-awan besar masuk ke wilayah Sulut.

Terdapat 4 sungai besar di Kota Manado meluap dan menghanyutkan puluhan rumah dan kendaraan. Bencana kali ini lebih besar daripada sebelumnya yang pernah terjadi pada tahun 2000.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas