Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Warga Sanden Temukan Tombak dan Trisula Diduga Benda Kuno

Warga Dusun Soge, Sanden Bantul dihebohkan dengan penemuan benda yang diduga benda kuno.

Editor: Budi Prasetyo
zoom-in Warga Sanden Temukan Tombak dan Trisula Diduga Benda Kuno
TRIBUN JOGJA/ SITI ARIYANTI
Penemuan benda kuno di Dusun Soge, Sanden Bantul sempat hebohkan warga. Benda kuno itu terdiri dari pedang (kiri), kujang dua buah (tengah) serta tombak (kanan). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Siti Ariyanti

TRIBUNNEWS.COM, BANTUL - Warga Dusun Soge, Sanden Bantul dihebohkan dengan penemuan benda yang diduga benda kuno. Benda-benda ini ditemukan di lokasi penambangan pasir yang ada di kampung mereka. Adapun benda yang ditemukan terdiri atas tombak, trisula, kujang serta benda yang menyerupai pedang yang ditemukan kali pertama pada Rabu (22/1/2014) sekitar pukul 12.00 WIB.

Sujodo (45) seorang penambang pasir, mengisahkan ketika cangkulnya tiba-tiba membentur benda keras ketika tengah mencangkul pasir. Setelah digali, ternyata ia menemukan benda-benda tersebut yang tertumpuk menjadi satu.

Pada Kamis (23/1/2014) warga setempat kembali menemukan serpihan-serpihan kecil di lokasi yang sama.

Warga meyakini bahwa benda itu berasal dari Zaman Kerajaan Majapahit. Namun begitu, hal ini masih harus dilakukan penelitian lebih lanjut. Bahan penyusun benda kuno ini belum diketahui secara pasti. Saat ditemukan, gagang senjata yang terbuat dari kayu sudah lapuk.

Sementara itu, pada tahun 2002 lalu, warga Soge juga pernah menemukan benda kuno berupa bejana. Warga kemudian melaporkan kepada petugas terkait perihal penemuan benda kuno tersebut. (TRIBUNJOGJA.COM)

BERITA TERKAIT
Sumber: Tribun Jogja
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas