Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Empat Komunitas Fotografi Bali Pamerkan Ribuan Foto Essay Animus 10R

Ini mungkin bisa dikatakan pertama kali diadakan di Bali dengan tema semacam ini

zoom-in Empat Komunitas Fotografi Bali Pamerkan Ribuan Foto Essay Animus 10R
Tribun Jabar/Gani Kurniawan
Mahasiswa mengamati karya foto yang dipamerkan di selasar Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Kampus UIN Sunan Gunung Djati, Jalan AH Nasution, Kota Bandung, Selasa (18/3/2014). Pameran Kaleidoskop Photo s Speak yang diselenggarakan Komunitas Fotografi Jurnalistik UIN Bandung (Photo s Speak) itu bertema Fotografi Sebagai Media Perubahan sebagai ajang kegiatan tahunan dengan menampilkan 100 karya foto terbaik dari seluruh anggota komunitas. TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN 

TRIBUNNEWS.COM,DENPASAR - Pameran foto mungkin sudah lumrah dan acapkali diadakan di Bali. Namun pameran foto yang di gelar Lingkara photoart gallery kali ini, sedikit berbeda dengan biasanya.

Sekitar 1.000 foto berukuran 10 R karya 35 photographer akan dibuka pada tanggal 20 Juni 2014 pukul 19.00 Wita di Lingkara Photoart Gallery.

Para photographer tersebut tidak semua berprofesi sebagai photographer, ada yang dalam kesehariannya bekerja sebagai penjaga pantai (balavista), pegawai kantor, perusahaan pemeliharaan kolam renang, arsitek dan lain-lain.

“Ini mungkin bisa dikatakan pertama kali diadakan di Bali dengan tema semacam ini. Dan yang membahagiakan acara ini melibatkan beberapa komunitas fotografi di Bali, diantaranya Lomonesia Bali, Suku Analog, Jagir fotografi  dan Lingkara photoart sendiri,” ujar JP Arsa, juru bicara Lingkara Photoart dalam rilis yang diterima Tribun Bali.

Beberapa komunitas foto tersebut sudah pernah mengadakan pameran di Lingkara sebelumnya. Masing-masing komunitas mempunyai karakter sendiri baik secara teknis, konsep, maupun visi misi kelompoknya.

Dan ini menjadi hal yang menarik bagi Lingkara PhotoArt Gallery untuk menampilkan ragam foto dari masing-masing komunitas dalam satu pameran bersama.

Kali ini Lingkara PhotoArt Gallery menawarkan sebuah tema besar "ANIMUS 10R" essay photo exhibition. Konsep Animus 10R, dapat di deskripsikan dalam paparan sebagai berikut:

"Kecintaan dan kebencian, memiliki kekuatan yang sangat besar dalam kehidupan. Keduanya dapat saja muncul dan lenyap seketika bahkan diluar kendali kita. Karya foto yang ada di sekitar kita ini, adalah perwujudan dari kedua unsur yang menimbulkan gairah dalam merekam dan memaknai setiap peristiwa, keadaan maupun bentuk dari yang paling sederhana yang mengelilingi kita," katanya.


"Meredam dan mengendalikan kedua kekuatan di atas dengan pemikiran yg terstruktur membuat kita menjadi lebih dekat dengan sesuatu yang kita rekam untuk kemudian tersampaikan melalui pernyataan dan argumen yang lebih dari sekedar kompilasi dokumenter," imbuhnya.

Animus 10R essay photo adalah bentuk keberanian menyampaikan sudut pandang personal tertentu yang jernih dan langsung, serta mencoba untuk menganalisa.

Satu foto belum tentu mewakili semuanya, dan banyak foto tidak selalu dapat menjelaskan segalanya.

Tags:
Sumber: Tribun Bali
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas