Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Mahasiswa Unima Otak Penyebar Isu Pemicu Kemarahan Warga

Pemicu awal turunnya warga gabungan Tataaran I, Tataaran II dan Koya Minahasa ke jalan dengan senjata tajam dan senapan angin akhirnya terkuak.

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Mahasiswa Unima Otak Penyebar Isu Pemicu Kemarahan Warga
Tribun Manado/Finneke Wolajan
Warga Tataaran Minahasa keluar rumah bawa tombak dan parang karena dengar isu mahasiswa Unima asal Papua akan turun ke jalan, Senin (20/10/2014). 

Laporan Wartawan Tribun Manado, Finneke Wolajan

TRIBUNNEWS.COM, TONDANO - Pemicu awal turunnya warga gabungan Tataaran I, Tataaran II dan Koya Minahasa ke jalan dengan senjata tajam dan senapan angin akhirnya terkuak.

Dari penelusuran TNI dan Polri, otak penyebar isu adalah seorang mahasiswa Unima.

"Dari oknum itu, kemudian beredar ke teman-teman lainnya. Sampai besar, sampai ke telinga warga. Lalu bereaksilah mereka," ujar Dandim 1302 Minahasa, Letkol Teguh Heri Susanto.

Informasi yang berkembang, masyarakat mendapat kabar bahwa masyarakat Papua telah sampai ke wilayah hutan sekitaran Tondano dan telah menyerang warga.

"Kami tanya ke mahasiswa itu, info itu katanya dari anak SD. Anak itu dikejar oleh mahasiswa Papua di hutan. Itu kan tak masuk akal," ujarnya menyayangkan. Hal itu, kata dia, tak semestinya dilakukan mahasiswa. "Mahasiswa kan kaum intelektual, tak seharusnya seperti itu. Memperkeruh suasana," tutur Letkol Teguh.

Senada dikatakan Kapolres Minahasa AKBP Ronald Rumondor. Menurutnya situasi saat ini aman terkendali.

BERITA TERKAIT

"Sangat disayangkan penyebar isu adalah mahasiswa sendiri, kaum intelektual. Bereaksi berlebihan tanpa tahu yang sebenarnya. Saya akan koordinasi dengan Rektor Unima, mempertanyakan sikap mahasiswa yang tak cerdas seperti itu," ujarnya. (fin)

Sumber: Tribun Manado
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas