Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pemkab Semarang Kerjasama dengan Universitas Ciptakan Inovasi Pakan Ikan Air Tawar

Harga pakan ikan air tawar yang tinggi berimbas produktivitas Ikan di daerah ini mengalami penurunan hingga 20 persen setiap bulannya.

Editor: Sugiyarto
zoom-in Pemkab Semarang Kerjasama dengan Universitas Ciptakan Inovasi Pakan Ikan Air Tawar
Sriwijaya Post/Syahrul Hidayat
ilustrasi 

Laporan Reporter Tribun Jateng, Puthut Dwi Putranto

TRIBUNJATENG.COM, UNGARAN - Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Semarang, Agus Purwoko Djati, mengatakan, pihaknya sudah berupaya optimal untuk meningkatkan hasil produksi ikan air tawar di wilayahnya.

Harga pakan ikan air tawar yang tinggi berimbas produktivitas Ikan di daerah ini mengalami penurunan hingga 20 persen setiap bulannya.

Dijelaskannya, Disnakkan Kabupaten Semarang menggandeng institusi pendidikan tinggi untuk menciptakan inovasi pakan dengan efisiensi.

Tentunya kualitas pakan alternatif ini setara dengan pelet, namun harga lebih terjangkau dari harga pakan ikan air tawar di pasaran.

Di sisi lain, pihaknya akan mensosialisasikan teknik pembuatan pakan fermentasi. Teknik pakan ini diklaim dapat mendorong ikan menyerap asupan gizi makanan lebih baik sehingga tidak membutuhkan pakan terlalu banyak.

"Sudah bertahun-tahun kami kembangkan pakan dengan pihak Universitas. Mudah-mudahan langkah ini bisa berhasil. Pakan ini sebentar lagi sudah bisa dipergunakan," kata Agus, di Ungaran, Jumat (31/10/2014).

BERITA TERKAIT

Sementara anggota DPRD Kabupaten Semarang, Agus Budiono, menuturkan, selama ini pengeluaran pembudidaya untuk pakan ikan menghabiskan hampir 60% dari total pengeluaran.

Sehingga dia berharap langkah tersebut nantinya praktis bisa meringankan beban pembudidaya. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas