Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Fuad Amin Ditangkap Imam Buchori Bayar Nadzar Sembelih Sapi

Kabar tertangkapnya Ketua DPRD Bangkalan RKH Fuad Amin Imron oleh KPK, Selasa (2/12/2014) pukul 01.00 di kediamannya

Editor: Sugiyarto
zoom-in Fuad Amin Ditangkap Imam Buchori Bayar Nadzar Sembelih Sapi
SURYA/SUGIHARTO
Dua mobil terparkir di halaman rumah Ketua DPRD Bangkalan Fuad Amin yang terletak di Jl Letnan Meistu, Bangkalan, Madura, Selasa (2/12/2014). SURYA/SUGIHARTO 

TRIBUNNEWS.COM, BANGKALAN - Kabar tertangkapnya Ketua DPRD Bangkalan RKH Fuad Amin Imron oleh KPK, Selasa (2/12/2014) pukul 01.00 di kediamannya, Kampung Sak - sak, Kelurahan Kraton, Kecamatan Kota direspon beragam oleh masyarakat Bangkalan.

Pasca penangkapan, suasana di Kota Bangkalan seperti biasa. Namun pemandangan sedikit berbeda, ketika memasuki sudut - sudut dan lorong - lorong di Kantor Pemkab Bangkalan.

Sejumlah PNS pemkab terlihat membentuk kerumunan sambil duduk. Dari mimiknya, terlihat jelas mereka tengah membahas obrolan serius.

Di mulut lorong sisi utara menuju ruang kerja Bupati Bangkalan RK Moh Makmun Ibu Fuad, tidak nampak petugas Satpol PP yang biasanya di meja registrasi tamu. Hal itu menandakan bahwa bupati tidak sedang berada di kantor.

Seorang warga Kecamatan Kota, mengatakan tertangkapnya RKH Fuad Amin menjadi kabar menggemparkan mengingat mantan Bupati Bangkalan dua periode itu merupakan sosok panutan.

”Prihatin karena beliau adalah sosok karismatik yang menjadi panutan masyarakat. Tapi kok bisa ditangkap KPK ya?,” terang pria paruh baya di sebuah warung kopi.

Lain halnya dengan KH Imam Buchori Cholil, yang pernah gagal mencalonkan sebagai Bupati Bangkalan itu merespon penangkapan Fuad Amin dengan cara menyembelih seekor sapi di kediamannya, Jalan Halim Perdana Kusuma.

BERITA TERKAIT

”Sembelih sapi ini, sebagai simbol penyembelihan kedzaliman di bumi Bangkalan. Dengan harapan, ke depan Bangkalan bisa lebih baik,” ungkapnya di hadapan awak media.

Hal itu dilakukan, karena Imam Buchori beserta pendukung setianya yang disebut sahabat Imam Buchori (sohib) berjanji ketika Fuad Amin kelak ditangkap KPK, akan menyembelih seekor sapi. Dipastikan, semua Sohib dari semua kecamatan akan hadir.

”Sejak tahun 2012 atau ketika saya dijegal Fuad Amin dalam pilkada, saya bernadzar (janji). Kalau sampai Fuad Amin ditangkap KPK, saya dan Sahabat Imam Buchori (sohib) akan menyembelih sapi,” tutur Ketua DPD Partai Nasdem Bangkalan.

Ia mendesak KPK tidak sekadar menyelesaikan kasus yang menjerat Fuad Amin saja, namun menuntaskan kasus tersebut hingga pada antek - anteknya. ”Jika tidak demikian, akan menumbuhkan Fuad Amin - Fuad Amin baru di Bangkalan ini,” tegasnya.

Pengasuh Ponpes Ibnu Cholil itu mengaku bersyukur, atas penangkapan Fuad Amin oleh KPK. Menurutnya, hal itu menunjukkan bahwa tidak seorang pun bisa berdiri bebas di atas hukum.

”Pertama, saya dan sebagian besar masyarakat Bangkalan bersyukur kepada Allah SWT atas ditangkapnya Fuad Amin. Kedua, kejadian ini pasti ada hikmahnya terutama kepada para pemimpin dan pejabat di Bangkalan, jangan sekali - kali bermain - main dengan keadilan,” paparnya.

Direktur Center of Islam Democration (Cide) Bangkalan Mathur Khusairi mengatakan, tertangkapnya Fuad Amin telah menjawab harapannya bersama pegiat demokrasi dan anti korupsi lainnya.

Halaman
12
Sumber: Surya
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas