Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kawanan Buaya Kali Porong Bakal Punya Rumah Baru

Tak lama lagi buaya yang menyerbu Kali Porong dan menggegerkan warga Dusun Awar-awar, Desa Tambakrejo, akan memiliki rumah baru di Pulau Buaya.

Editor: Y Gustaman
zoom-in Kawanan Buaya Kali Porong Bakal Punya Rumah Baru
Surya/Miftah Faridl
Warga menunjukkan lokasi buaya Sidoarjo berjemur di Kali Porong dan seekor buaya yang difoto warga. 

Laporan Wartawan Surya, Miftah Faridl

TRIBUNNEWS.COM, SIDOARJO - Tak lama lagi kawanan buaya yang menyerbu Kali Porong di Dusun Awar-awar, Desa Tambakrejo, Sidoarjo, akan memiliki rumah baru. Mereka akan dipindahkan ke habitat aslinya di Pulau Buaya.

Baca juga: Terganggu Lumpur Lapindo, Buaya Muara Pindah ke Kali Porong

Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Timur sudah memasang perangkap untuk memindahkan mereka. Pulau Buaya yang berada di kawasan Tlocor, Kecamatan Jabon, merupakan muara yang pas sebagai habitat asli buaya Kali Porong.

Kepala Seksi III Surabaya BKSDA Jatim Wiwid Widodo mengatakan, lokasi tersebut merupakan habitat asli buaya muara. Tim sudah menyurvei lokasi dan menyimpulkan kawasan itu cocok sebagai habitat buaya muara.

"Hasil survei kami buaya cocok di sana," ujar Widodo kepada Surya, Kamis (4/6/2015). (Baca juga: Warga Penasaran Puluhan Buaya Berjemur di Kali Porong Sidoarjo)

BERITA TERKAIT

Evakuasi dilakukan untuk menghindarkan kontak fisik antara buaya dengan manusia. Buaya muara ini merupakan satwa liar yang agresif dan bisa memiliki panjang sampai tujuh meter.

Menurut Wiwid, terlalu berbahaya membiarkan buaya muara di sungai yang sehari-hari digunakan untuk aktivitas manusia.

Dari pantauan tim BKSDA, setidaknya ada dua buaya yang terdeteksi. Sedangkan warga meyakini ada sekurangnya lima ekor buaya. Oleh karena itu, tim BKSDA akan melakukan observasi pascaevakuasi dua buaya itu.

Sumber: Surya
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas