Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

6.689 Warga Sumatera Utara Menderita HIV/AIDS

Ibnu Maja mengatakan, sebanyak 6.689 orang di Sumatera Utara menderita penyakit HIV/AIDS.

Penulis: Jefri Susetio
Editor: Dewi Agustina
zoom-in 6.689 Warga Sumatera Utara Menderita HIV/AIDS
Tribun Medan/Jefri Susetio
Himpunan Mahasiswa Agroekoteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara gelar kampanye bahaya HIV/AIDS di Lapangan Merdeka, Medan, Sumut, Selasa (1/12/2015). 

Laporan Wartawan Tribun Medan, Jefri Susetio

TRIBUNNEWS.COM, MEDAN - Ketua Himpunan Mahasiswa Agroekoteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Ibnu Maja mengatakan, sebanyak 6.689 orang di Sumatera Utara menderita penyakit HIV/AIDS.

"Jumlah penderita HIV/AIDS di Sumatera Utara tercatat mencapai 6.689 orang. Terdiri dari penderita terinfeksi HIV sebanyak 2.564 orang dan positif AIDS mencapai 4.125 orang," ujarnya di Lapangan Merdeka, Medan, Sumut, Selasa (1/12/2015).

Dia menambahkan, hingga sekarang Sumatera Utara hanya memiliki 25 Komisi Penanggulangan AIDS dari 33 kabupaten/kota di Sumatera Utara.

Tidak hanya itu, ia menyebutkan tidak sedikit KPA di daerah belum berjalan maksimal akibat minimnya anggaran yang tersedia.

"Kami berharap agar masyarakat dan pemerintah daerah memberikan dukungan untuk membentuk dan mengoperasional KPA di daerah," katanya.

Menurutnya, dalam memperingati Hari HIV/AIDS sedunia tidak sekadar menjadi kegiatan seremonial. Sehingga, masyarakat dapat waspada dan peduli melakukan pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS.

BERITA TERKAIT

"Pencegahan dan penanggulangan HIV dan AIDS serta menghapus stigma dan diskriminasi terhadap orang dengan HIV/AIDS (ODHA)," ungkapnya. (tio/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas