Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Exxon dan Pemdes Gayam Berebut Tanah Kas Desa

Sengketa Tanah Kas Desa (TKD) Gayam antara pihak ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) dengan Pemerintah Desa Gayam, Bojonegoro belum selesai

Editor: Sugiyarto
zoom-in Exxon dan Pemdes Gayam Berebut Tanah Kas Desa
TRIBUN/IKSAN FAUZI
Pekerja Exxon Mobil Cepu Limited yang terbakar emosinya dengan merusak sebuah kendaraan di kawasan lokasi pengeboran minyak Engineering procurement Construction (EPC-1) Desa Mojodelik, Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, Sabtu (1/8/2015). Sekitar 8.000 pekerja dari berbagai sub kontrak membakar fasilitas security, perkantoran, dan mobil. SURYA/IKSAN FAUZI 

TRIBUNNEWS.COM, BOJONEGORO - Sengketa Tanah Kas Desa (TKD) Gayam, Kecamatan Gayam, antara pihak ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) dengan Pemerintah Desa Gayam, Bojonegoro sampai hari ini tak kunjung ada jalan keluar.

Hal itu membuat Bupati Suyoto mengundang beberapa pihak, antara lain, anggota DPRD, SKK Migas, EMCL, dan Pemerintah Propinsi Jawa Timur untuk duduk bersama mencari solusi.

Pertemuan yang berlangsung di rumah dinas Bupati dan dipimpin langsung oleh Suyoto dan dihadiri oleh Ketua DPRD, Mitroatin dan beberapa anggota DPRD, serta beberapa pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).




Pertemuan itu menghasilkan beberapa pilihan, pertama, EMCL menghentikan proses pembayaran untuk ganti rugi tanah khas desa (TKD) kepada pemerintah desa dan pemerintah desa yang mencari tanah pengganti sendiri.

Kedua, meneruskan semua proses yang sudah dilaksanakan. Ketiga, Pemerintah pihak Kabupaten Bojonegoro mengambilalih penyelesaian TKD.

Terkait pilihan ketiga ini, syaratnya pemerintah desa tak sanggup lagi mencari tanah pengganti.

“Dalam rapat itu, EMCL sepakat untuk meneruskan proses tukar menukar tanah yang sudah ada,” kata Suyoto melalui Kabag Humas Pemkab Bojonegoro, Hari Kristianto, Selasa (1/12).

BERITA TERKAIT

Kelanjutan dari hasil pertemuan itu, pihak Pemdes Gayam supaya merevisi peraturan desa yang berisi terkait syarat dengan tanggal yang baru yang mendasarkan kepada UU nomor 6 Tahun 2015.

“Untuk mengganti tanah kas desa di Bojonegoro dalam hal ini di Desa Sukorejo Kecamatan Bojonegoro luasan tanah pengganti TKD dua kali lipat,” katanya. Iksan fauzi

Sekadar diketahui, pihak EMCL ingin menggunakan lahan TKD milik Desa Gayam untuk pengembangan pengeboran minyak.

Sebelumnya, antara EMCL dengan Pemdes Gayam sudah sepakat tukar guling.

Namun, akhir-akhir ini, pihak Pemdes enggan melepas, hanya membolehkan pihak EMCL menyewa TKD. Iksan fauzi Exxon dan Pemdes Gayam Berebut Tanah Khas Desa

Bojonegoro, Surya- Sengketa Tanah Kas Desa (TKD) Desa Gayam, Kecamatan Gayam, antara pihak ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) dengan Pemerintah Desa Gayam sampai hari ini tak kunjung ada jalan keluar.

Hal itu membuat Bupati Bojonegoro, Suyoto mengundang beberapa pihak, antara lain, anggota DPRD, SKK Migas, EMCL, dan Pemerintah Propinsi Jawa Timur untuk duduk bersama mencari solusi.

Halaman
12
Sumber: Surya
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas