Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Surabaya Astronomy Club Meriahkan Nobar Gerhana Matahari Sebagian

Pengamatan gerhana matahari di Surabaya tidak lepas dari peran Surabaya Astronomy Club (SAC) dan Himpunan Pelajar Astronomy Surabaya (HAS).

Penulis: Monica Felicitas
Editor: Y Gustaman
zoom-in Surabaya Astronomy Club Meriahkan Nobar Gerhana Matahari Sebagian
Surya/Monica Felicitas
Antusiasme yang besar dari warga Surabaya untuk melihat fenomena gerhana matahari di Kenjeran Park Surabaya, Rabu (9/3/2016). 

Laporan Wartawan Surya, Monica Felicitas.

TRIBUNNEWS.COM, SURABAYA - Pengamatan gerhana matahari di Surabaya tidak lepas dari peran Surabaya Astronomy Club (SAC) dan Himpunan Pelajar Astronomy Surabaya (HAS).

Saat gerhana berlangsung dan masyarakat memantau menggunakan kacamata matahari dan teleskop, beberapa anggota sibuk melakukan streaming yang dipusatkan di Depkominfo dan Lembaga Antariksa.

Gambar gerhana tersebut didapatkan dari teleskop, yang disambungkan langsung ke kamera DSLR dan disalurkan melalui internet, Rabu (9/3/2016).

SAC menggelar sosialisasi dengan cara membagikan kacamata matahari secara gratis, dan menggelar belajar bersama masyarakat Surabaya mengenai benda astronomy, Selasa (8/3/2016) malam, sehari sebelum pemantauan gerhana matahari.

Kenjeran Macet

Kemacetan terjadi sepanjang 1,5 kilometer di jalan akses menuju Kenjeran Park Surabaya pukul 06.00 WIB, tempat berlangsungnya titik pemantauan fenomena gerhana matahari di Surabaya.

BERITA REKOMENDASI

Kepadatan kendaraan didominasi roda empat, yang mengular dari Jl Kenjeran hingga loket Kenjeran Park Surabaya.

Penyebab kemacetan karena antusiasme warga kota Surabaya yang ingin mengetahui prosesi bulan yang menutupi matahari yang diperkirakan berlangsung selama 2 jam mulai pukul 07.00 WIB, dan juga bertepatan dengan libur nasional hari raya Nyepi.

Untuk memasuki loket Kenjeran Park, diperlukan waktu 1 jam untuk kendaraan roda empat, dan setengah jam untuk kendaraan roda dua, dari Jl Kenjeran, Surabaya.

Sumber: Surya
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas