Tribun

Menteri Yasonna: Tak Lama Lagi Semua Rutan dan Lapas Punya Anjing Pelacak

Ia menambahkan, razia narkoba di dalam rutan maupun lapas akan dilakukan secara rutin di seluruh Indonesia.

Penulis: Jefri Susetio
Editor: Wahid Nurdin
Menteri Yasonna: Tak Lama Lagi Semua Rutan dan Lapas Punya Anjing Pelacak
TRIBUN PONTIANAK/TRIBUN PONTIANAK/ANESH VIDUKA
ILUSTRASI - Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna Hamonangan Laoly, saat mengunjungi dan melakukan sidak di Lapas klas IIA, Pontianak, Jl Adisucipto, Kuburaya, Kalbar, sekira pukul 10.30 WIB. Sempat terjadi ketegangan lantaran sejumlah warga binaan membakar benda-benda plastik dan kain sambil meneriaki petugas serta melempar sejumlah piring, gelas dari balik jeruji ke arah rombongan menteri.Pada kesempatan ini, para napi meminta kepada MenkumHAM untuk merevisi PP No 99 tahun 2012, tentang syarat dan tata cara pelaksanaan hak warga binaan pemasyarakatan. TRIBUN PONTIANAK/ANESH VIDUKA 

Laporan Wartawan Tribun Medan, Jefri Susetio

TRIBUNNEWS.COM, MEDAN  -  Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Yasonna Hamonangan Laoly mengatakan, tidak lama lagi seluruh Rumah Tahanan dan Lembaga Permasyarakatan punya anjing pelacak.

"Memang baiknya seperti Jakarta ada anjing pelacak untuk tamu. Ke depan di seluruh Indonesia akan disediakan anjing pelacak untuk tamu. Kalau di Sumut anjing pelacak ini belum ada," katanya di Hotel Grand Aston Medan, Minggu (13/3/2016) siang.

Selain itu, kata dia, pada tahap awal, rencananya akan meminjam anjing pelacak dari Bea Cukai, namun setelah anggaran turun, setiap lapas maupun rutan punya anjing pelacak sendiri.

"Di Sumut memang belum ada anjing pelacak. Nanti kami harus pinjam dari Bea Cukai. Kami sedang anggarkan masalah anjing pelacak itu, secara bertahap kami tingkatkan pembersihan narkoba di rutan maupun lapas," ujarnya.

Ia menambahkan, razia narkoba di dalam rutan maupun lapas akan dilakukan secara rutin di seluruh Indonesia. Artinya, bukan hanya di Sumatera Utara, sehingga dapat mengurangi peredaran narkoba.

"Ke depannya itu razia rutin, bukan hanya di Sumut tapi seluruh Indonesia, razia itu akan menjadi program kami. Sehingga, program rutin seperti mengurangi potensi adanya peredaran narkoba," katanya.(*)

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas