Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kodam Bukit Barisan Kirim 299 Personel Jaga Pulau Natuna

Tim yang diturunkan ini berasal dari Makorem 033/Wira Pratama, tugasnya menjaga, mendata dan memetakan wilayah terpencil Pulau Natuna

Penulis: Array Anarcho
Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in Kodam Bukit Barisan Kirim 299 Personel Jaga Pulau Natuna
Tribun Pekanbaru/David Tobing
Pangdam I Bukit Barisan Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Lodewyk Pusung 

Laporan Wartawan Tribun Medan Array A Argus

TRIBUNNEWS.COM, MEDAN - Akhir-akhir ini, hubungan Indonesia-China kian memanas, apalagi negara Tirai Bambu itu sempat mendesak pemerintah Indonesia untuk melepaskan salah satu kapalnya yang ditahan pemerintah Indonesia karena memasuki perairan di kepulauan Natuna.

Untuk menjaga kedaulatan Republik Indonesia, Komando Daerah Militer I/Bukit Barisan mengirimkan Tim Ekspedisi Gurindam Sakti.

Dalam tim tersebut, sebanyak 299 personil TNI dilibatkan.

Tim yang diturunkan ini berasal dari Makorem 033/Wira Pratama, tugasnya  menjaga Pulau Natuna, di Kepulauan Riau.

"Pasukan yang diturunkan ini agar dapat melaksanakan tugas dengan tulus, ikhlas, dan penuh dedikasi serta semangat yang tinggi," kata Panglima Kodam I/BB, Mayor Jenderal TNI Lodewyk Pusung lewat siaran persnya, Kamis (24/3/2016).

Menurut Pusung, tujuan dilaksanakannya ekspedisi Gurindam Sakti ini antara lain untuk mendata dan memetakan wilayah terpencil yang ada di Kepulauan Natuna.

BERITA TERKAIT

Apalagi, belakangan ini Pulau Natuna yang merupakan wilayah Kodam I/BB tengah diganggu oleh pihak luar.

"Pulau-pulau terluar kita ini semuanya harus dijaga. Agar tidak diusik oleh negara lain," katanya.

Ia menjelaskan, personel yang diturunkan ini akan melakukan ekspedisi dan mengamankan wilayah Natuna, yaitu Pulau Sedanau, Pulau Midai, Pulau Serasan, Pulau Ranai, Pulau Laut.

Bukan hanya wilayah Natuna, sebanyak 299 personel ini juga akan ditugaskan menjaga wilayah Bintan.

Adapun wilayah Bintan memliputi Pulau Penyengat, Pulau Numbing, Gunung Bintan, Pulau Daik, Pulau Benan, Pulau Berhala, Pulau Dabo, dan Pulau Pekajang.

Kemudian, dilanjutkan ke wilayah Batam, yaitu Pulau Galang, Pulau Buluh, Pulau Bulang Lintang, Pulau Sambu, Pulau Kasu, Pulau Terong, Pulau Nipah dan Di wilayah TBK yaitu Pulau Papan, Pulau Parit, Pulau Kundur, Pulau Ngal, Pulau Iyu Kecil, Pulau Karimun Kecil, dan Pulau Gunung Jantan.

"Kita tahu sendiri seluruh wilayah Kepualuan Riau, dimana wilayah daratannya hanya 5 % dari total seluruhnya, sisanya merupakan lautan,"  katanya.

Kepulauan Riau terdiri dari 2.408 pulau besar dan kecil, baik yang sudah berpenduduk maupun yang belum berpenduduk. Ini harus kita jaga kedaulatannya.

Sumber: Tribun Medan
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas