Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Menengok 'Industri Rumahan' Jeep Hummer di Sleman

Seorang penggila mobil offroad membangun replika Hummer alias Humvee. Berikut penampakannya.

Editor: Y Gustaman
zoom-in Menengok 'Industri Rumahan' Jeep Hummer di Sleman
Tribun Jogja/Singgih Wahyu
Seorang pekerja sedang menggarap mobil replika Jeep Humvee di bengkel milik Eko di Hargobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta. 

Laporan Wartawan Tribun Jogja, Singgih Wahyu Nugraha

TRIBUNNEWS.COM, SLEMAN - Lereng Merapi tak cuma menyimpan panorama alam yang menakjubkan. Potensi karya masyarakat yang bernaung di bawah kakinya juga boleh dikata tak kalah menakjubkan.

Deretan mobil-mobil tua bergaya offroad adventure tampak memenuhi sebuah bengkel kecil di pinggiran jalan Kaliurang KM 19,5, Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Sleman.

Beberapa di antaranya terlihat masih utuh namun tampak rapuh. Beberapa lainnya malah hanya tersisa bodi, dengan kap terbuka dan menampakkan ruang mesin yang kosong.

Di sudut lainnya, teronggok beberapa blok mesin yang mulai berkarat. Namun begitu, ada pemandangan mencolok.

Sebuah mobil dengan bentuk menyerupai seri Jeep Hummer alias Humvee berwarna krem tampak terdiam di antara deretan mobil lainnya.

Di sisi lainnya, tampak pula mobil berbentuk serupa namun bodinya terlihat belum sempurna. Garis bekas pengelasan masih jelas terlihat di permukaan tubuhnya.

BERITA TERKAIT

Interiornya pun masih melompong tanpa perangkat apapun namun keempat roda sudah terpasang.

"Ini masih dalam proses pengerjaan, sudah enam bulan belakangan digarap," tutur Eko Budi Rahmanto, pemilik workshop tersebut saat ditemui Tribun Jogja, Minggu (1/5/2016) siang.

Eko merupakan seorang builder yang sudah cukup lama menangani mobil-mobil offroad.

Ia secara khusus memang memiliki perasaan 'suka' yang mendalam pada jenis mobil tersebut. Secara telaten, ia membangun sebuah mobil dari nol hingga berbentuk serupa mobil utuh dan bisa dioperasionalkan.

Usut punya usut, mobil setengah jadi itu merupakan pesanan dari seorang pengusaha kayu asal Temanggung.

Ini adalah mobil kesebelas untuk tipe Hummer yang digarap Eko bersama beberapa pegawainya sejak mulai menggarap tipe tersebut pada 2004 silam.

Untuk yang satu ini, Eko mengambil basis mesin dan gardan milik truk Toyota Mega Cruiser 15BT tahun 2006 berkubikasi mesin 3400 cc. Adapun sasis tengah utama dan bodinya dibikin sendiri dengan pelat-pelat baja.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas