Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Ibadah Haji 2016

Nenek Murip Tetap Bersyukur Baru Bisa Melihat Kakbah Tahun Depan

Nenek Murip tetap ikhlas meski keberangkatannya ke Tanah Suci baru bisa di musim haji 2017. Doanya hanya satu, tetap sehat jelang keberangkatan.

Nenek Murip Tetap Bersyukur Baru Bisa Melihat Kakbah Tahun Depan
Surya/Hanif Manshuri
Nenek Murip di rumahnya Desa Bulubrangsi, Lamongan. Saat ditemui wartawan Surya, Murip masih mengumpulkan barang–barang rongsokan yang dikaisnya, Kamis (28/7/2016). 

Laporan Wartawan Surya, Hanif Manshuri

SURYA.CO.ID, LAMONGAN - Kegembiraan nenek Murip (61) berkurang. Pemulung asal Desa Bulubrangsi, Kecamatan Laren, baru bisa berangkat haji pada 2017.

Padahal ia sudah mengikuti manasik di salah satu kelompok bimbingan ibadah haji di Kecamatan Maduran. Belakangan ia mendapat kabar keberangkatannya tahun ini harus ditunda sampai musim haji 2017.

Nomor porsi Murip masih ada di bawah nomor porsi 198.737 calon jemaah haji asal Lamongan, Jawa Timur, yang dijadwalkan bakal berangkat pada 2016.

Baca juga: Cerita Nenek Murip, Pemulung yang Merindu Naik Haji

Kepastian ini didapat saat Surya Online mencoba menelusuri data calon jemaah haji ke Kantor Kementerian Agama di Jalan Veteran, Lamongan.

"Sudah pasti Bu Murip itu berangkat haji tahun depan 2017," kata Sunhaji, Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah kepada Surya Online, Jumat (29/7/2017).

Otomatis nenek Murip pada tahun depan ada di nomor atas calon jemaah haji asal Lamongan yang berangkat ke Tanah Suci untuk menunaikan rukun Islam kelima.

Kalau dihitung sementara nomor porsi Murip masih pada urutan 345.  "Otomatis tahun depan nomor atas," terang Sunhaji sambil berkali-kali membuka dan mencari data calon jemaah haji Lamongan menggunakan mesin hitung.

Mendengar kabar tersebut, nenek Murip mengaku ikhlas meski keberangkatannya ditunda. "Enggak, aku enggak popo, ikhlas," kata Murip saat ditemui di rumahnya.

Halaman
12
Editor: Y Gustaman
Sumber: Surya
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas