Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Masjid Agung Kauman Semarang Gelar Istigasah 25 November

Ribuan penganut Islam akan mengikuti doa bersama dan istigasah di Masjid Agung Kauman, Semarang, Jawa Tengah, Jumat (25/11/2016).

Editor: Y Gustaman
zoom-in Masjid Agung Kauman Semarang Gelar Istigasah 25 November
Tribun Jateng/Hermawan Handaka
Semaan Alquran di Masjid Agung Kauman Semarang rutin tiap Ramadan dipimpin oleh KH Ahmad Naqih Alhafiz. TRIBUN JATENG/HERMAWAN HANDAKA 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Galih Permadi

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Ribuan penganut Islam akan mengikuti doa bersama dan istigasah di Masjid Agung Kauman, Semarang, Jawa Tengah, Jumat (25/11/2016).

Acara diawali dengan salat Jumat, silaturahmi, dan istigasah akbar. Kegiatan ini untuk menampung aspirasi umat Islam menyikapi persoalan bangsa dan munculnya kasus penistaan agama.

Koordinator acara, Habib Hamzah Al Musawa, mengatakan doa bersama dan istigasah merupakan gagasan jemaah Masjid Kauman. Setelah dimusyawarahkan akhirnya hadirlah kegiatan ini.

"Sebenarnya banyak kaum muslimin yang ingin ke Jakarta pada 2 Desember mendatang. Kali ini kami memilih doa bersama," ujar Hamzah dalam rilis yang diterima Tribun Jateng, Kamis (24/11/2016).

Doa bersama dan istigasah didukung Ketua Dewan Pembina Yayasan Badan Pengelola Masjid Agung Kauman, Habib Hasan Toha Al Munawar, Ketua Yayasan Pengelola Masjid Agung Kauman, KH Chammad Maksum, dan Ketua Takmir Masjid Agung Kauman KH Chanif Ismail.

"Tujuan kegiatan kami adalah memohon kepada Allah WT. agar Indonesia damai sejahtera, Pancasila tetap jaya, NKRI utuh merupakan harga mati," ungkap dia.

BERITA TERKAIT

"Serta bentuk penghormatan kami terhadap para alim ulama yang telah menyampaikan ilmu bermanfaat dan selalu kami anut fatwanya," Hamzah menambahkan.

Setelah salat Jumat, dilanjutkan penandatanganan kain kafan panjang sebagai bentuk keprihatinan kasus penistaan agama oleh Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

"Kami berharap Polri tegas mengadili pelaku penistaan agama," ujar dia.

Acara tersebut akan dihadiri para alim ulama, habaib, dan umat Islam secara umum. "Melalui acara tersebut kami harap ukuwah Islamiyah meningkat," imbuh Hamzah.

Sumber: Tribun Jateng
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas