Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Warga Liagu Mulai Rasakan Listrik Masuk Desa

Anggota Komisi VII DPR-RI, dr. Ari Yusnita mengatakan sudah seharusnya warga desa tersebut menikmati listrik yang selama ini mereka impikan.

Penulis: Hasanudin Aco
zoom-in Warga Liagu Mulai Rasakan Listrik Masuk Desa
Istimewa/Tribunnews.com
Anggota Komisi VII DPR-RI, dr. Ari Yusnita. 

TRIBUNNEWS.COM, BULUNGAN - Warga Desa Liagu, Kecamatan Sekatak, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara kini dapat menikmati listrik setelah diresmikannya Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Anggota Komisi VII DPR-RI, dr. Ari Yusnita mengatakan sudah seharusnya warga desa tersebut menikmati listrik yang selama ini mereka impikan.

Selama setahun lebih duduk di Senayan, politisi asal Partai Nasional Demokrat (NasDem) dengan Daerah Pemilihan Kalimantan Utara ini menunjukkan kontribusinya bagi kesejahteraan warga Bumi Benuanta, sebutan Kaltara, melalui usulan-usulannya yang menyentuh langsung masyarakat.

"Ini salah satu bukti nyata hasil kerja Komisi VII, yakni hadirnya lampu penerangan jalan dan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) komunal di sejumlah daerah yang membutuhkan," kata Ari Yusnita dalam keterangan tertulisnya, Senin (15/5/2017).

Menurut Ari, fasilitas-fasilitas tersebut berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Nasional (APBN) 2016 bantuan Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yang menjadi salah satu mitra kerja Ari Yusnita di Komisi VII DPR RI.

Infrastruktur tersebut diresmikan Direktur Jenderal (Dirjen) Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Rida Mulyana, di Dusun Siandau, Desa Liagu, Sabtu (6/5/2017) lalu.

Ari Yusnita turut hadir dalam acara peresmian tersebut dan disaksikan juga Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemerintah Provinsi Kaltara Syaiful Herman, Wakil Bupati Bulungan Ingkong Ala, serta Camat Sekatak, Kepala Desa Liagu dan puluhan warga setempat.

BERITA TERKAIT

Salah satu yang diresmikan adalah PLTS komunal dengan daya 15 KWP di Dusun Siandau, Desa Liagu, Kecamatan Sekatak.

Dengan telah beroperasinya proyek yang menelan anggaran Rp 2,7 miliar lebih ini, warga setempat sudah bisa menikmati listrik di rumahnya tanpa harus mengeluarkan biaya besar.

Meskipun kemampuan PLTS masih terbatas hanya 15 KWP, namun Idrus menilai sudah lebih baik dibanding menggunakan genset.

Dengan PLTS ini, 23 kepala keluarga (KK) sudah bisa menikmati penerangan 24 jam, dengan setiap rumah mendapatkan jatah 300 watt setiap hari.

Tidak hanya di Dusun Siandau, masyarakat di tiga rukun tetangga (RT) di Desa Liagu juga telah menikmati listrik dengan hadirnya PLTS komunal berdaya 30 KWP yang menelan anggaran Rp 4,5 miliar lebih. Bahkan, sejumlah fasilitas umum seperti sekolah, masjid, dan kantor desa telah menggunakan listrik.

Bagi Ari Yusnita, membantu warga Kaltara memang sudah menjadi tugasnya sebagai wakil di Senayan. Bahkan, ia akan terus memperjuangkan selama menjadi anggota DPR RI.

Ia mencontohkan, seperti di 2017 ini, ada beberapa kegiatan lagi yang akan diusulkannya ke pemerintah pusat melalui kementerian terkait.

“Yang pasti untuk di Tarakan ada PLTMG. Ada usulan di atas untuk PLTS komunal juga tapi baru masuk usulannya, insya Allah pada waktu RDP akan kami sampaikan ke Kementrian ESDM dan tentunya Pak Rida Mulyana sebagai Dirjen EBTKE,” ujar Ari.

Selain pembangunan PLTS 15 KWP di Dusun Siandau dan 30 KWP di Desa Liagu saja yang diusulkan Ari Yusnita pada 2016 lalu, ada juga penerangan jalan umum tenaga surya (PJU-TS) 40 MW dengan jumlah 155 unit dan lampu LED retrofit 90 watt sebanyak 85 buah untuk Kabupaten Bulungan.

Ada juga PJU-TS sebanyak 45 unit di Tarakan dan 40 unit di Kabupaten Tana Tidung (KTT). Sedangkan Malinau mendapatkan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) di Desa Long Jelet dengan kapasitas 39 KW.

Sementara itu, Dirjen EBTKE Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Rida Mulyana berharap agar infrastruktur yang sudah ada dapat dijaga keberadaannya agar bisa digunakan berkesinambungan untuk kesejahteraan masyarakat.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas