Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Sekolah Tempat BJ Habibie dan Meriam Belina Bersekolah Tersisa 11 Siswa

Tumbuh suburnya SMA swasta membuat SMA Kristen Dago tempat dulu Presiden ke-3 RI BJ Habibie bersekolah kini menyisakan 11 siswa.

Editor: Y Gustaman
zoom-in Sekolah Tempat BJ Habibie dan Meriam Belina Bersekolah Tersisa 11 Siswa
Tribun Jabar/Rezeqi Hardam Saputra
SMA Kristen Dago, Kota Bandung, Jumat (21/7/2017), hanya menyisakan 11 siswa. Sejumlah nama besar pernah bersekolah di sini di antaranya Presiden ke-3 RI BJ Habibie dan aktris Meriam Belina. TRIBUN JABAR/REZEQI HARDAM SAPUTRA 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Theofilus Richard 

TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG - Di tengah banyaknya peminat berebut masuk SMA negeri, tapi SMA Kristen Dago di Kota Bandung, Jawa Barat, justru sepi peminat. 

"SMAK Dago sedang menurun akibat kebijakan pemerintah juga. Kebijakan menambah SMK, kemudian kebijakan dalam penerimaan peserta didik baru, juga soal rombel (rombongan belajar) yang ditambah," ujar Kepala Sekolah SMAK Dago, Soekarjo, di ruang kerjanya, Jumat (21/7/2017).




Meski telah menggratiskan uang pembangunan dan uang seragam sekolah, para orangtua tidak berminat mendaftarkan anaknya sekolah di SMAK Dago

Menurut Soekarjo, fasilitas sekolah gratis yang diberikan sekolah negeri menjadi satu di antara sejumlah faktor menurunnya peminat di SMAK Dago.

Sekarang ini jumlah siswa SMAK Dago secara keseluruhan hanya 11 orang.  Empat di antaranya bahkan siswa yang baru masuk. Sementara jumlah guru sebanyak 16 orang. 

"Inginnya mah jumlahnya bertambah, tetapi karena kebijakannya seperti itu, tantangannya jadi berat," harap Soekarjo. 

BERITA TERKAIT

Gedung SMAK Dago sekarang tidak semegah dulu. Sebagian besar lahan yang dulu digunakan untuk kegiatan belajar mengajar sudah tidak dipakai lagi. 

Kini yang tersisa hanya sembilan ruang kelas, itu pun tidak semuanya terpakai karena jumlah siswanya hanya 11 orang.

Pantauan Tribun Jabar, beberapa ruang kelas tampak sepi dan tidak digunakan kegiatan belajar mengajar. 

Beberapa anak yang berada di ruang kelas terlihat serius belajar, sedangkan di kelas lain ada yang sedang bermain musik. 

Meski jumlah siswanya sedikit, kata Soekarjo, kegiatan belajar mengajar tetap berjalan lancar.

"Yayasan memberi tahu kepada siswa agar tidak ragu-ragu bersekolah di sini, karena yayasan akan bertanggung jawab penuh sampai lulus dilayani dengan baik," kata Seokarjo. 

SMAK Dago di bawah naungan Yayasan Badan Perguruan Sekolah Menengah Kristen Jawa Barat.

Dulu SMAK Dago merupakan satu sekolah swasta favorit di Bandung. Sejumlah nama besar pun tercatat pernah menuntut ilmu di SMAK Dago.

Di antaranya, Presiden ke-3 RI BJ Habibie (1954) dan adiknya Fany Habibie (1956), aktor Barry Prima (1978), aktris Meriam Bellina (1979), hingga penyanyi bersuara emas Ruth Sahanaya (1985).

Pada masa keemasan di zaman BJ Habibie, jumlah siswanya pun mencapai 1.000 orang dan areal sekolahnya cukup luas.

Menurut Soekarjo, belum ada rencana pembangunan di SMAK Dago karena animo masyarakat yang minim. 

"Soal pembangunan itu bagaimana yayasan. Yayasan juga sepertinya melihat animo. Sekolah ini kan dibuat mini karena disesuaikan dengan jumlah siswanya yang sedikit," kata Soekarjo.

Sumber: Tribun Jabar
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas