Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Wanita yang Produksi Uang Palsu di Surabaya Ternyata Seorang Pemandu Lagu Karaoke

Siti Soleha, wanita yang memproduksi uang palsu (upal) dan ditangkap tim Anti Bandit Polsek Karangpilang Surabaya merupakan seorang pemandu karaoke.

Penulis: Fatkul Alamy
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Wanita yang Produksi Uang Palsu di Surabaya Ternyata Seorang Pemandu Lagu Karaoke
Surya/Fatkul Alamy
Tersangka Siti Soleha (kanan) mempraktikkan pembuatan Upal di hadapan Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Mohammad Iqbal, Senin (24/7/2017). SURYA/FATKUL ALAMY 

TRIBUNNEWS.COM, SURABAYA - Siti Soleha (31), wanita yang memproduksi uang palsu (upal) dan ditangkap tim Anti Bandit Polsek Karangpilang Surabaya merupakan seorang pemandu karaoke.

Wanita yang tinggal di Bulak Rukem, Semampir ini pemandu karaoke di wilayah Surabaya Utara.

Upal produksi Siti Soleha, diedarkan dengan cara dijual ke Tuni (50), tinggal kos di Sidotopo, Semampir, Surabaya, dan Mala Herlina (49), tinggal di Wonokusumo, Semampir, Surabaya.

Tersangka Siti Soleha yang mencetak Upal di Bangkalan sejak Ramadan 2017 lalu, menjual ke Tuni dan Mala, dengan perbandingan Rp 1,5 juta upal ditukar dengan Rp 500 ribu uang asli.

Guna mengelabui masyarakat, ketiga wanita itu mengedarkan upal dengan cara membelanjakan di pasar tradisional di daerah Keputran, Simo dan Manukan Surabaya pada dini hari.

Kapolrestabes Surabaya, Kombespol Mohammad Iqbal mengatakan, terbongkarnya tempat produksi Upal ini setelah ada laporan masyarakat.

Baca: Siti Soleha Produksi Uang Palsu untuk Diedarkan di Surabaya

BERITA TERKAIT

Setelah dilakukan penyelidikan, akhirnya petugas mendapat alat bukti dan menangkap satu pelaku dan dikembangkan menjadi tiga orang.

Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Mohammad Iqbal (tengah) menunjukan Upal yang merupakan produksi dari tersangka Siti Soleha, Senin (24/7/2017). SURYA/FATKUL ALAMY
Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Mohammad Iqbal (tengah) menunjukan Upal yang merupakan produksi dari tersangka Siti Soleha, Senin (24/7/2017). SURYA/FATKUL ALAMY (Surya/Fatkul Alamy)

"Mereka ini sindikat dan kerja sama melakukan pengedaran uang palsu di Surabaya," kata Iqbal di Mapolrestabes Surabaya, Senin (24/7/2017).

Menurut Iqbal, temuan ini merupakan peringatan para pedagang di pasar. Karena pengedar upal ini melakukan aksinya pada malam dan pagi hari untuk mengelabui pedangan.

Dari keterangan para pelaku, lanjut Iqbal, mereka mengedarkan upal di wilayah Surabaya.

"Sementara masih diedarkan di Surabaya, tapi kami terus kembangkan kaus ini," kata Iqbal.

Dari tiga pelaku ini, polisi menyita barang bukti berupa Upal siap edar lebih dari Rp 6 juta pecahan mulai Rp 10 ribu hingga Rp 100 ribu, satu printer, kertas HVS, gunting, HP merk Prince,lem dan barang bukti lainnya.

Ketiganya wanita kini ditahan di Mapolrestabes Surabaya. Polisi menjeratnya dengan pasal 224 atau 245 KUHP. (fat)

Sumber: Surya Malang
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas