Tribun

Pengusaha Konveksi Pemalang Mengeluh Merosotnya Pesanan Jin, Begini Saran Ganjar

Sejumlah pengusaha konveksi jin dan pakaian kerja di Desa Rowosari, Ulujami, Pemalang, mengeluh.

Editor: Y Gustaman
Pengusaha Konveksi Pemalang Mengeluh Merosotnya Pesanan Jin, Begini Saran Ganjar
Tribun Jateng/M Nur Huda
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengunjungi sentra konveksi jin dan pakaian kerja di Desa Rowosari, Kecamatan Ulujami, Kabupaten Pemalang, Rabu (27/9/2017). TRIBUN JATENG/M NUR HUDA 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, M Nur Huda

TRIBUNNEWS.COM, PEMALANG - Sejumlah pengusaha konveksi jin dan pakaian kerja di Desa Rowosari, Ulujami, Pemalang, mengeluhan lesunya bisnis mereka yang dirintis sejak puluhan tahun lalu.

Sepanjang tahun 2000 sampai 2003 usaha mereka berada di puncak kejayaan, kini produksi mereka hanya mengandalkan pesanan dari luar daerah yang jumlahnya tak sebanyak dahulu.

Masykuri, sekian pengusaha konveksi asal Rowosari, pada 2000 hingga 2003 ia mampu menjual hingga 500 potong celana jin per hari. Selain pesanan banyak juga karena kondisi ekonomi tidak stabil atau naik turun.

Sementara saat ini, dia hanya mampu menjual maksimal 100 celana dengan harga jual berkisar Rp 60 ribu hingga Rp 100 ribu.

"Kala itu banyak yang memilih jeans lokal," ungkapnya saat menerima kunjungan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di desa sentra konveksi tersebut, Rabu (27/9/2017).

Adapun, jin yang ia produksi bermerek Navala yang dijual hingga Jakarta, Surabaya, Solo, dan beberapa daerah di Kalimantan. 

Selain persoalan internal, Masykuri mengaku problem lainnya adalah karena maraknya industri konveksi pabrikan.

Tenaga kerja yang sudah terampil dan puluhan tahun mengabdi di tempatnya memilih keluar dan bekerja di pabrik. Saat ini, dia hanya memiliki 50 pekerja, padahal sebelumnya mencapai ratusan.

"Harga kain yang tak menentu, persoalan tenaga kerja juga membuat kami pusing," ungkap dia.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas