Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Muhammad Fadillah Imsa Menggerakkan Pertanian di Kampung Pedalaman Papua

Sudah lebih dari satu tahun, Muhammad Fadillah Imsa berada di Papua. Pemuda asal Lumajang, Jawa Timur ini lega, karena melihat sudah ada perubahan

Editor: Toni Bramantoro
zoom-in Muhammad Fadillah Imsa Menggerakkan Pertanian di Kampung Pedalaman Papua
ist
Muhammad Fadillah Imsa (kiri) Menggerakkan Pertanian di Kampung Pedalaman Papua 

TRIBUNNEWS.COM, KEEROM - Sudah lebih dari satu tahun, Muhammad Fadillah Imsa berada di Papua. Pemuda asal Lumajang, Jawa Timur ini lega, karena melihat sudah ada perubahan di kampung pedalaman Papua yang didampingi.

Perubahan itu adalah kesadaran untuk mau bercocok tanam memanfaatkan potensi lahan, tanpa harus menggantungkan ketersediaan pangan dengan mencari di hutan belantara.

Minat dan pengetahuan Imsa pada pertanian telah membawanya masuk ke pedalaman Papua, meninggalkan bangku kuliah di jurusan elektro medis Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yang sudah diduduki enam semester.

Pemuda kelahiran 18 juli 1994 ini memilih mendampingi warga Kampung Usku, Distrik Senggi, Kabupaten Keerom, Papua sejak Juli 2016.

Dusun Tiarsih yang masuk ke wilayah pemerintahan Kamung Molof, namun berada di sebelah Kampung Usku, juga dijarinya cara bercocok tanam.

Secara perlahan, ia memperkenalkan budidaya pertanian yang benar kepada warga kampung pedalaman Papua. Awalnya hanya dua tiga warga yang tertarik, namun seiring waktu, semakin banyak warga yang mengikutinya.

Sebagian besar warga kini gemar dan mau bercocok tanam, bahkan halaman rumah warga yang sebelumnya dipenuhi rumput ilalang tak terawat, kini lebih rapi karena ditanami tanaman sayuran, seperti cabai, jagung dan bayam.

BERITA TERKAIT

Kesabaran Imsa memberikan ilmu dan pengetahuan pertanian Imsa, membuat warga pedalaman kini sudah mengganggapnya seperti keluarga.

“Saya mendampingi warga pedalaman ini sambil memberikan pengetahuan bercocok tanam yang benar. Mereka sebenarnya sudah tahu menanam, tapi dilakukan secara asal dan bukan bercocok tanam yang baik dan menggunakan teknologi maupun berkelompok. Secara perlahan mereka saya ajak juga untuk memanfaatkan lahan-lahan di sekitar rumah agar tidak selalu pergi ke hutan bersama anak-anaknya untuk mencari makanan. Mereka saya ajak menenam padi tanpa harus menggantungkan ketersediaan beras dari bantuan raskin pemerintah. Seperti kata Presiden Jokowi, ini namanya revolusi mental, menggugah kesadaran untuk bekerja memanfaatkan potensi yang dalam memperbaiki keadaan,” urai Imsa saat dikunjungi tim dari Kemenpora akhir pekan ini.

Imsa merupakan satu dari 78 pemuda teknopreneur penggerak dan pemberdayaan ekonomi masyarakat desa yang menjadi binaan dan mendapatkan pelatihan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Bersama para pemuda terseleksi lain dari 34 provinsi, Imsa mendapatkan Pelatihan Peningkatan Kompetensi Pemuda Berbasis IPTEK dan IMTAK bertema “Pemuda sebagai Penggerak Sentra Pemberdayaan Pemuda di Desa” yang digelar di Bogor, Jawa Barat pada akhir Juli 2017.

Para pemuda yang direkrut dalam pelatihan yang digelar Asisten Deputi Bidang Peningkatan IPTEK dan IMTAK Pemuda Kemenpora sebagian besar berasal dari beberapa titik pada 40 desa percontohan dan 14 Kawasan Perdesaan Prioritas Nasional yang dikoordinasikan oleh Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK).

Imsa berada di pedalaman Papua, di Kampung Usku Distrik Senggi yang menempuh perjalanan sekitar tujuh jam dari Jayapura, berkat tugas pendampingan dari Litbang Kementerian Desa, Transmigrasi dan Pembangunan Daerah Tertinggal.

Di kampung pedalaman itu, Imsa bersama warga membuka lahan satu hektar untuk ditanami padi gogo.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas