Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jaga Keseimbangan Alam, Toyota Tanam 70.000 Pohon Mangrove di Kawasan Wisata Pandansari

Toyota Indonesia melalui Program Toyota Forest kembali menunjukkan kepeduliannya terhadap kondisi lingkungan sekitar.

Editor: Sanusi
zoom-in Jaga Keseimbangan Alam, Toyota Tanam 70.000 Pohon Mangrove di Kawasan Wisata Pandansari
ist

TRIBUNNEWS.COM, BREBES - Toyota Indonesia melalui Program Toyota Forest kembali menunjukkan kepeduliannya terhadap kondisi lingkungan sekitar.

Salah satu kegiatan yang baru saja dilakukan yaitu, penghijauan berupa aktivitas penanaman sebanyak 70.000 pohon Mangrove di lahan seluas 6 hektar yang berlokasi Kawasan Wisata Mangrove Pandansari, Desa Kaliwlingi, Brebes, Jawa Tengah.

“Sebagai industri otomotif yang berdiri lebih dari empat dekade di Indonesia, kami memiliki keinginan luhur untuk menjaga keseimbangan alam, lingkungan, dan ekosistem khususnya melalui penanaman pohon mangrove,” ujar Nandi Julyanto Direktur Production Engineering & Vehicle Manufacturing PT TMMIN, dalam keterangan tertulis, Kamis (1/3/2018).

Penanaman perdana ini merupakan bagian dari target Toyota Indonesia untuk menanam dan memelihara 300.000 mangrove di sejumlah daerah sepanjang pantai utara Pulau Jawa yang tersebar di Kepulauan Seribu (DKI Jakarta), Karawang, Brebes, Batang, Kendal, dan Surabaya pada 2018.

Dengan slogan “1 Pohon, 1 Kendaraan” yaitu setiap produksi satu unit mobil Toyota di Indonesia, maka satu unit pohon akan ditanam. Program Toyota Forest sesuai dengan kebijakan pemerintah terkait dengan konservasi lingkungan dan pengembangan potensi aspek ekonomi masyarakat di tiap daerah.

Pemilihan pohon mangrove memiliki manfaat sebagai carbon offset (penyerap unsur karbon di udara), menumbuhkan biodiversity (keanekaragaman hayati) serta turut pula memberikan nilai tambah bagi masyarakat sekitar melalui Income Generating Activity (IGA).

Sesuai dengan target yang dicanangkan Toyota Indonesia untuk menghijaukan pesisir Pantai Jawa, penanaman puluhan ribu pohon mangrove ini diharapkan dapat mengatasi permasalahan lingkungan di tengah kondisi cuaca ekstrem yang saat ini melanda Pulau Jawa dan sekitarnya.

BERITA REKOMENDASI
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas