Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Proyek-proyek Jalan Perbatasan dan Daerah di Kalimantan Utara Siap Tancap Gas

Perhatian pemerintah dan pemerintah daerah terhadap keperluan infrastruktur jalan di perbatasan sudah sangat baik

Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in Proyek-proyek Jalan Perbatasan dan Daerah di Kalimantan Utara Siap Tancap Gas
Istimewa
Jalan perbatasan di Kalimantan Utara 

Laporan wartawan Tribun Kaltim Muhammad Arfan

TRIBUNNEWS.COM, TANJUNG SELOR - Proyek pembangunan ruas jalan di perbatasan Kalimantan Utara yang didanai APBD Provinsi diklaim seluruhnya sudah tuntas dilelang.

Bahkan beberapa sudah ada sampai pada tahap penandatanganan kontrak. 

Kepala Dinas PUPR Perkim Kalimantan Utara Suheriyatna mengemukakan, ruas jalan perbatasan masih banyak yang perlu ditembuskan dengan simpul-simpul jalan nasional. 

Ada tiga ruas jalan yang menelan anggaran cukup besar yakni jalan lingkar Krayan Ruas Long Rungan-Long Padi yang dianggarkan DAK sebesar Rp 27 miliar.

Lalu Jalan Lingkar Krayan ruas Long Layu-Pa Upan senilai Rp 17,7 miliar, dan ruas jalan perbatasan Long Bawan-Kampung Baru-Pa Betun-Pa Pani-Batas Negara senilai Rp 27 miliar. Ketiag ruas jalan ini pendanannya diabil dari Dana Alokasi Khusus (DAK). 

"Ini kita kejar karena percuma ada aspal di Krayan, kalau tidak tembus dari sini (kota-kota)," kata Suheriyatna saat disua Tribun, Senin (2/4/2018). 

BERITA TERKAIT

Ia mengatakan, perhatian pemerintah dan pemerintah daerah terhadap keperluan infrastruktur jalan di perbatasan sudah sangat baik.

Namun anggaran yang dibutuhkan secara keseluruhan masih kurang. Hal itu dialami oleh semua daerah di Tanah Air mengingat kondisi keuangan negara. 

"Kita akui di Kalimantan Utara dan Indonesia secara umum masih banyak kurangnya. tetapi harus disyukuri bahwa alokasi dana untuk perbatasan kita itu ada setiap tahun," katanya. 

Pembangunan jembatan di perbatasan juga menjadi hal penting.

Suheriyatne mengusulkna agar pemerintah (pusat) mau membiayainya dengan sistem paket multiyears atau tahun jamak. 

Selain di perbatasan, APBD Kalimantan Utara juga banyak digelontorkan membangun dan meningkatkan infrastruktur jalan di daerah.

Di Bulungan ada proyek pembangunan jalan pendukung Kawasan Industri dan Pelabuhan Internasional (KIPI) Tanah Kuning ruas Tanjung Selor-Sajau yang dianggarkan sebesar Rp 28 miliar, pembangunan jalan penunjang irigasi Tanjung Buyu Segmen III Rp 1 miliar, pembangunan jalan inspeksi penunjang irigasi Tanjung Buka SP 8 Rp 2,4 miliar. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas