Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Perompak Asal Indonesia Gentayangan di Selat Malaka, Ditangkap Maritim Malaysia dan TNI AL

Angkatan Laut Malaysia (Maritim Malaysia) meringkus 14 perompak asal Indonesia, di perairan dekat Mersing, Selat Malaka,

Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Perompak Asal Indonesia Gentayangan di Selat Malaka, Ditangkap Maritim Malaysia dan TNI AL
Berita Harian
Perompak yang ditangkap Maritim Malaysia 

TRIBUNNEWS.COM, KOTA TINGGI - Angkatan Laut Malaysia (Maritim Malaysia) meringkus 14 perompak asal Indonesia, di perairan dekat Mersing, Selat Malaka, Jumat (1/6/2018) pagi.

Pimpinan Maritim Malaysia, Datuk Seri Zulkifli Abu Bakar mengatakan, pasukan khusus Maritim Malaysia diterbangkan dengan helikopter AW139 dari Kuantan, Pahang, untuk mengejar perompak tersebut setelah beraksi di sebuah kapal, sekitar pukul 03.00 dini hari.

"Mereka merompak sebuah sebuah kapal dagang MT Lee Bo berbendera Mongolia. Kapal ini membawa 12 anak buah kapal, terdiri daripada enam warga Indonesia dan enam Sri Lanka berusia 30-an hingga 50-an," katanya seperti dilansir TRIBUNBATAM.id dari Berita Harian.

Perompak awalnya mencari bahan bakar solar di kapal itu.

Namun karena tidak ketemu, mereka kemudian merampas barang-barang pribadi ABK dan melukai beberapa orang di atas kapal itu.

Setelah itu, para perompak kembali ke kapal yang mereka gunakan, MT Bright dan berputar-pitar di kawasan skeitar,

Zulkifli mengatakan, enam pasukan Maritim malaysia kemudian turun dari helikopter ke kapal sementara seorang anggota pasukan khusus Maritim Malaysia bertindak sebagai penembak tetap berjaga dari atas helikopter.

BERITA TERKAIT

Ketika serbuan dilakukan, pasukan Maritim Malaysia langsung menyerbu ke dek kapal dan tidak mendapat perlawanan dari kawanan perompak yang berusia antara 30-50-an. itu

Selain mengamankan seluruh perompak, sejumlah barang bilik ABK yang vmereka rampas juga diamankan, termasuk uantg tunai.

Maritim Malaysia juga menemukan beberapa senjata tajam seperti parang dan pisau, yang dipercayai digunakan untuk melakukan perompakan.

"Hasil penyelidikan, mereka berada di kawasan tersebut sejak tiga hari lalu untuk merompak kapal tanker," katanya.

Setelah meminta keterangan para pelaku, Maritim Malaysia kemudian menghubungi TNI AL.

Tim Wastern Fleet Quick Response (WFQR) kemudian menangkap dua [ria di Pulau Batam, pada pukul 09.30 pagi.

Ke dua laki-laki berusia 40 tahun dan 50 tahun itu dipercaya sebagai otak kelompok perompak ini dan akan dibawa ke Malaysia untuk membantu penyidikan.

Maritim Malaysia juga ikut menyiasati tujuan MT Lee Bo berputar-putar di perairan negara itu dan akan mengambil tindakan jika didapati melakukan kesalahan. (Alfian Zainal)

Artikel ini telah tayang di tribunbatam.id dengan judul Angkatan Laut Malaysia Ringkus 14 Perompak Asal Indonesia, 2 Ditangkap TNI di Batam

Sumber: Tribun Batam
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas