Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pemuda Muhammadiyah Nilai Kasus Bupati Tulungagung Jadi Pelajaran Penting Larang Napi Korupsi Nyaleg

Kondisi ini semakin menyakinkan untuk adanya peraturan yang melarang calon baik legislatif atau eksekutif yang pernah menjadi narapidana korupsi

Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
zoom-in Pemuda Muhammadiyah Nilai Kasus Bupati Tulungagung Jadi Pelajaran Penting Larang Napi Korupsi Nyaleg
Surya/David Yohanes
Syahri Mulyo dan Maryoto Birowo (berpeci) saat akan mendaftar ke KPU Tulungagung. SURYA/DAVID YOHANES 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Srihandriatmo Malau

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah Virgo Sulianto menilai menangnya tersangka dugaan kasus korupsi Syahri Mulyo menjadi Bupati Tulungagung menjadi catatan penting untuk Pileg 2019.

Kondisi ini kata dia, semakin menyakinkan untuk adanya peraturan yang melarang calon baik legislatif atau eksekutif yang pernah menjadi narapidana korupsi.

Baca: Irak Balas ISIS dengan Mengeksekusi Mati 12 Pejuangnya

"Masyarakat harus dihidangkan calon yang terbaik agar terpilih yang terbaik dari yang terbaik," jelas Ketua PP Pemuda Muhammadiyah kepada Tribunnews.com, Jumat (29/6/2018).

Rekapitulasi penghitungan suara hasil formulir C1 Pilkada Tulungagung, Jawa Timur, telah selesai 100 persen, Kamis (28/6/2018). Mantan Bupati Syahri Mulyo yang berstatus tersangka korupsi oleh KPK itu memenangi pilkada.

Virgo pun mencatat sejak awal sinyal adanya calon kepala daerah yang akan menjadi tersangka kasus korupsi atau telah dinyatakan tersangka oleh KPK tidak menjadi perhatian serius bagi partai politik.

Ke depan, imbuhnya, pendidikan kepada masyarakat dalam memberikan kesadaran dan pemahaman untuk mengukur kandidat untuk dipilih termasuk mengenai keterlibatan kandidat dalam kasus korupsi.

BERITA TERKAIT

"Karena informasi yang tidak didapatkan oleh masyarakat juga mempengaruhi dalam memilih," jelasnya.

Untuk itu pula menurut Virgo, baiknya Kementerian dalam Negeri (Kemendagri) tidak melantik Syahri Mulyo menjadi Bupati Tulungagung.

Hal ini tidak lain menurut Ketua PP Pemuda Muhammadiyah, untuk memastikan berjalannya pemerintahan yang baik dan bersih.

"KPK, KPU dan Kemendagri seharusnya satu komitmen dalam memastikan berjalannya pemerintahan yang baik dan bersih. Kandidat terpilih yang terjerat kasus korupsi tidak dilantik dan dapat digantikan oleh pasangannya," ujar Direktur Madrasah Anti Korupsi Pemuda Muhammadiyah ini.

Untuk diketahui Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly menegaskan, Peraturan Komisi Pemilihan Umum ( PKPU) yang mengatur larangan eks koruptor maju di pileg 2019 tidak akan berlaku jika tidak diundangkan.

"Tidak bisa (berlaku), batal demi hukum," kata Yasonna di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (26/6/2018).

Yasonna mengatakan, ketentuan ini sudah jelas diatur dalam pasal Pasal 87 Undang-Undang No 12 Tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas