Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

PPDB Sulsel Sebut Ulah Peretas Tak Ganggu Pendaftaran Secara Online

Jika ditelisik persoalan yang dialami berbagai daerah, Jawa Barat merupakan daerah yang paling banyak mengalami kekacauan

Editor: Imanuel Nicolas Manafe
zoom-in PPDB Sulsel Sebut Ulah Peretas Tak Ganggu Pendaftaran Secara Online
TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Sejumlah orang tua mendaftarkan anaknya ke panitia Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMPN 2, Jalan Sumatra, Kota Bandung, Jumat (6/7/2018). Pendaftaran PPDB Tahun Ajaran 2018/2019 tingkat SMP hari terakhir di sekolah ini masih banyak didatangi pendaftar hingga ditutupnya pendaftaran pukul 14.00 WIB. (TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN) 

TRIBUNNEWS.COM, MAKASSAR - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online di Sulawesi Selatan tak bisa dipungkiri mengalami sedikit kendala. Namun ternyata, PPDB Sulsel merupakan PPDB paling sukses di Tanah Air.

Ketua Panitia PPDB Sulsel, M Basri mengatakan, fakta ini diperoleh dari data pelaksanaan PPDB di seluruh Indonesia.

Baca: Prabowo Pertimbangkan AHY Jadi Cawapresnya

Jika ditelisik persoalan yang dialami berbagai daerah, Jawa Barat merupakan daerah yang paling banyak mengalami kekacauan.




"PPDB di daerah ini mengalami masalah pada server seperti kondisi down, overload hingga peretasan," katanya, Jumat (6/7/2018).

Akibatnya, data calon peserta didik yang telah melakukan pendaftaran pun hilang.

Jika dibandingkan, lanjut Basri, Sulsel jauh lebih baik karena meski mendapatkan serangan hacker (peretas), data-data pendaftar di hari pertama hingga hari kedua tetap aman.

Calon peserta didik pun tidak perlu lagi mengulangi pendaftaran.

BERITA TERKAIT

Daerah berikut yang mengalami kekacauan yang parah yakni Kabupaten Bogor. Di daerah ini bahkan oleh pihak-pihak berkepentingan merekomendasikan agar dihentikan pendaftaran secara online dan beralih ke manual.

"Di Disdik Sulsel, hal serupa tidak sampai membuat mereka menyerah," katanya.

Sebaliknya, opsi-opsi lebih baik dan solutif segera ditempuh sehingga tetap dilaksanakan secara online.

Misalkan persoalan pengumuman, saat terjadi serangan hacker yang mengacaukan hasil pengumuman, Disdik Sulsel segera mengambil langkah taktis dengan mengumumkan hasil kelulusan ke media online dengan back up data (demi keamanan) pengumuman langsung ke email kepala sekolah-kepala sekolah setiap daerah (kabupaten/kota). Setelah itu baru diupload di website PPDB 2018 Sulsel.

"Persoalan penanganan pengaduan masyarakat pun demikian. Disdik Sulsel menyediakan ruang khusus dengan staf-staf yang siaga melayani dan menangani langsung keluhan dan aduan masyarakat (pendaftar) di Gedung Guru Kantor Disdik Sulsel," kata Basri.

Dari penelusuran portal berita ini, PPDB di sejumlah daerah memang banyak mengalami kekacauan. Di Bogor misalnya, orangtua siswa protes lantaran kebingungan hendak bertanya dimana soal informasi PPDB.

Di DKI Jakarta lain lagi, kisruh PPDB yang terjadi membuat beberapa orangtua siswa meminta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ikut turun tangan.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas