Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Bus AKAP dan AKDP Tak Boleh Lagi Masuk Terminal Terboyo Semarang, Penumpang Kelimpungan

"Mulai hari ini (1/9/2018) Terminal Terboyo ditutup bagi bus AKAP maupun AKDP. Mereka kami alihkan ke Penggaron dan Mangkang," kata Khadik.

Editor: Choirul Arifin
zoom-in Bus AKAP dan AKDP Tak Boleh Lagi Masuk Terminal Terboyo Semarang, Penumpang Kelimpungan
Tribun Jateng/Eka Yulianti Fajlin
Calon penumpang bus di Terminal Penggaron kebingungan saat tidak menemukan bus yang akan ditumpangi, Sabtu (1/9/2018). 

Laporan Reporter Tribun Jateng, M Zaenal Arifin

TRIBUNNEWS.COM, SEMARANG - Ani Purwaningsih kesal lantaran tak mendapat kepastian bisa naik bus jurusan Kebumen di Terminal Penggaron, Sabtu (1/9/2018).

Mulai kemarin, Terminal Terboyo resmi ditutup dan layanan bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) dipindah ke Terminal Penggaron sementara bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dipindah ke Terminal Mangkang.

"Dari rumah langsung ke Penggaron karena katanya, mulai hari ini (kemarin, Red), AKDP masuk ke Penggaron. Tapi, begitu sampai sini, bus jurusan Kebumen tidak ada. Tentu mengecewakan kalau harus pindah tempat, naik turun kendaraan, apalagi bawa dua anak dan barang bawaan yang cukup banyak," keluh dia.

Keluhan serupa juga disampaikan, Dandi Mirawan. Siswa pondok Darul Quran Sukodono Kendal ini mengaku lelah lantaran harus gonta ganti angkutan umum untuk mendapatkan bus yang dicari.

"Saya dari Kendal mau ke Purwokerto. Biasanya, dari Kendal ke Mangkang, lanjut naik BRT ke Terboyo. Tadi, belum sampai Terboyo saya diturunkan dan diarahkan ke Penggaron. Capek muter-muter. Tak hanya menambah waktu tapi juga ongkos," keluh pemuda asal Purwokerto ini.

Sejumlah penumpang juga telantar di Terminal Terboyo karena tak mengetahui penutupan terminal tersebut bagi bus AKDP dan AKAP. Munawaroh, terpaksa keluar terminal dan mencari bus di tepi Jalan Raya Kaligawe-Genuk.

BERITA TERKAIT

"Saya nunggu lama di dalam terminal. Baru tahu kalau terminal sudah ditutup setelah diberitahu pedagang kalau tidak ada bus yang masuk (terminal). Tapi, ini nunggu dari tadi mencari bus ke Demak, juga tidak ada," ujar dia.

Pantauan Tribun Jateng, tidak ada satu pun bus yang masuk ke Terminal Terboyo. Di jalan masuk arah terminal, tidak ada rambu maupun pemberitahuan terkait penutupan terminal bagi angkutan umum.

Baca: Mobil Rombongan Pengantin Tabrak Teras Rumah Warga di Kabupaten Purbalingga

Baca: Begini Kondisi Hani, Wanita Korban Penembakan Brutal Tembus ke Leher di Tol Pasteur, Shubuh Tadi

Hanya saja, ada beberapa petugas berseragam Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Semarang yang berjaga di jalan masuk terminal. Mereka menghalau bus yang akan masuk Terminal Terboyo sehingga bus-bus yang biasa transit di terminal ini terpaksa putar balik.

Kepala Dishub Kota Semarang, M Khadik, mengatakan, sesuai kesepakatan, Terminal Terboyo tak lagi melayani AKDP dan AKAP mulai 1 September. Hal itu dilakukan karena terminal segera beralih fungsi menjadi terminal peti kemas dan angkutan kota (angkot).

"Mulai hari ini (1/9/2018) Terminal Terboyo ditutup bagi bus AKAP maupun AKDP. Mereka kami alihkan ke Penggaron dan Mangkang," kata Khadik.

Terkait penutupan ini, Khadik mengatakan, telah menyosialisasikan ke awak bus maupun pedagang di terminal. Meski demikian, dia menempatkan sejumlah petugas di pintu masuk terminal untuk mengantisipasi bus nekat masuk terminal.

"Selain di depan jalan masuk terminal, kami juga menempatkan petugas di sejumlah titik jalan menuju Terminal Penggaron maupun Mangkang. Itu untuk mengantisipasi jika bus-bus itu ngetem di tepi jalan sehingga menjadi terminal bayangan. Dampaknya justru mengganggu lalu lintas," jelasnya.

Pihaknya juga menyediakan layanan shuttle bus bagi calon penumpang yang masih kebingungan mencari angkutan akibat pentupan Terminal Terboyo ini. Dikatakannya, shuttle bus tersebut disediakan di beberapa titik, di antaranya di Jalan Arteri Yos Sudarso tepatnya di depan Masjid Syekh Jumadil Kubro dan di Banyumanik.

"Supaya tidak telantar, kami sudah siapkan shuttle di Masjid Syek Jumadil Kubro untuk mengantar mereka," ujar Khadik.(tribunjateng/cetak/eyf/nal)

Sumber: Tribun Jateng
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas