Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Maraknya OTT Kepala Daerah di Jatim Dipicu Rendahnya Integritas

Penegak hukum selayaknya tak hanya menjalankan pola penindakan, juga mengedepankan sikap antisipatif dalam mendidik para eksekutif menjauhi korupsi

Maraknya OTT Kepala Daerah di Jatim Dipicu Rendahnya Integritas
youtube
Gubernur Jawa Timur, Soekarwo 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Bobby Constantine Koloway


TRIBUNNEWS.COM, SURABAYA - Gubernur Jawa Timur, Soekarwo menyatakan, para penegak hukum selayaknya tak hanya menjalankan pola penindakan namun juga mengedepankan sikap antisipatif dalam mendidik para eksekutif menjauhi korupsi.

Pakde Karwo mengatakan maraknya kasus korupsi yang ada di provinsinya merupakan akibat rendahnya integritas sang eksekutif.

"Hal ini sulit diantisipasi melalui perbaikan atau pengetatan sistem," kata Soekarwo saat dimintai tanggapan terkait penangkapan Wali Kota Pasuruan Setiyono.

Yang tidak kalah penting harus ada peningkatan integritas di dalam penyelenggaraan negara. Kalau pungli bisa diantisipasi melalui perbaikan sistem atau IT.

"Namun kalau kelakuan kan tidak bisa dikontrol," kata Pakde Karwo, ketika ditemui usai sidang paripurna di DPRD Jatim, Kamis (4/10/2018).

Perbaikan untuk perbaikan integritas dapat diawali dengan pola perekrutan calon pemimpin ataupun calon legislatif yang baik. Hal ini menjadi tanggungjawab partai politik.

"Antisipasinya, harus melalui proses rekrutmen yang bagus. Di antaranya, partai dan pemerintah harus memperketat proses pengawasan perekrutan," kata Pakde Karwo yang juga Ketua DPD Demokrat Jatim ini.

Ia mencontohkan pola kaderisasi yang ada di Amerika.

Baca: Layanan Gas Terintegrasi PGN Tingkatkan Perekonomian Jawa Timur

Menurutnya, pola kaderisasi tak hanya mempelajari visi misi semata namun juga track record hingga gaya hidup si calon pemimpin.

Halaman
12
Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Eko Sutriyanto
Sumber: Tribun Jatim
  Loading comments...

Baca Juga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas