Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kekeringan Landa 49 Desa di Kebumen

Kepala Pelaksana Harian BPBD Kebumen, Eko Widianto mengatakan, ada sedikit kendala dalam proses pengiriman air bersih ke desa terdampak

Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in Kekeringan Landa 49 Desa di Kebumen
Wartakota
Ilustrasi kekeringan 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Khoirul Muzakki

TRIBUNNEWS.COM,  KEBUMEN - Dampak kekeringan di Kebumen, Jawa Tengah kian meluas. Hingga awal Oktober 2018 ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kebumen telah mengirim bantuan air bersih ke ke 49 desa di 11 kecamatan yang mengalami krisis air bersih.

Sebanyak 1.088 tangki air bersih pun telah didistribusikan untuk memenuhi kebutuhan air di desa-desa tersebut.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Kebumen, Eko Widianto mengatakan, ada sedikit kendala dalam proses pengiriman air bersih ke desa terdampak.

Kemarau menyebabkan debit air PDAM ikut menyusut sehingga armada butuh waktu lebih lama untuk mengisi tangki karena itu, waktu pengiriman pun menjadi bertambah lama.

Padahal, setiap hari diperlukan sekitar 30 tangki air bersih untuk memenuhi kebutuhan air bersih di daerah terdampak.

Baca: Setelah Kekeringan Panjang Hujan Mulai Mengguyur Sydney dan NSW

Di sisi lain, BPBD menerima keluhan masyarakat terkait kondisi air yang berwarna kehitaman. Ini lantaran banyaknya sedimentasi yang terkandung dalam air. Kemarau panjang bukan hanya menurunkan debit, namun juga kualitas air baku PDAM.

BERITA REKOMENDASI

Untuk memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat, BPBD memanfaatkan air PDAM di beberapa titik, yakni Sempor, Aliyan Krakal dan Kutowinangun. Sedangkan untuk Kebumen wilayah barat, BPBD mengambil air dari sumur dalam di Logending Kecamatan Ayah.

“Ada keluhan sedikit kemarin-kemarin, airnya agak hitam. Istilahnya itu, endapannya itu banyak terbawa,” katanya.

BPBD telah berkoordinasi dengan PDAM untuk mengatasi persoalan agar pengiriman ke daerah terdampak tidak lagi terkendala.

Eko mengatakan, BPBD Kebumen menganggarkan Rp 350 juta untuk bantuan air bersih, atau setara dengan sekitar 1.400 tangki air bersih di tahun 2018 ini.

Selain itu, bantuan air bersih juga berasal dari instansi lainnya, semisal PMI, Polri, serta perusahaan daerah maupun swasta.

Persediaan bantuan ini diperkirakan cukup hingga awal musim penghujan yang diperkirakan mulai akhir Oktober atau awal November 2018 nanti.

Sumber: Tribun Jateng
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas