Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kaligrafi Raksasa Teks Pancasila di Ponpes Salafiyah Syafi'iyah Situbondo Pecahkan Rekor MURI

aligrafi tulisan Arab tentang hubungan Pancasila dengan Islam berukuran panjang 27 dengan lebar 9 akhirnya berhasil memecahkan rekor MURI.

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Kaligrafi Raksasa Teks Pancasila di Ponpes Salafiyah Syafi'iyah Situbondo Pecahkan Rekor MURI
Tribunjatim.com/Izi Hartono
Kaligrafi tulisan Arab teks Pancasila sepanjang 27 meter dan lebar 9 meter di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah, Situbondo, yang meraih rekor MURI, Senin (22/10/2018). TRIBUN JATIM/IZI HARTONO 

TRIBUNNEWS.COM, SITUBONDO - Kaligrafi tulisan Arab tentang hubungan Pancasila dengan Islam berukuran panjang 27 dengan lebar 9 di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah, Sukorejo, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, akhirnya berhasil memecahkan rekor MURI, Senin (22/10/2018).

Pemecahan rekor MURI kaligrafi Arab tulisan Pancasila tersebut, merupakan hasil karya ratusan santri pondok pesantren asuhan KHR Achmad Azaim Ibrahimy.

Rekor MURI diberikan langsung oleh Manejer MURI Ridho Al Amin kepada KHR Achmad Azaim Ibrahimy di hadapan ribuan santri dan santriwatinya, bersamaan dengan peringatan Hari Santri Nasional (HSN) ke-4 tahun 2018.

Kepada sejumlah wartawan, KHR Achmad Azaim Ibrahimy mengatakan, pada hari ini menyambut kedatangan kirab dari Curah Kalak menuju pesantren dan dilanjukan pengukuhan rekor MURI kaligrafi berukuran 29 meter X 9 meter yang bertuliskan deklarasi hubungan Pancasila dengan Islam.

Menurutnya, ada lima poin esensi deklarasi itu.

Baca: Otak Pelaku Pembunuhan Muhajir Sekeluarga Tewas Ditembak Polisi

Pertama, Pancasila sebagai falsafah negara tidak dapat menggantikan kedudukan agama.

Bahkan, sila Ketuhanan Yang Maha Esa sebagai dasar negara itu menjiwai sila-sila yang lain dengan mencerminkan nilai tauhid dalam Islam dan beberapa hubungan yang lainya.

BERITA TERKAIT

"Ini nanti akan kita jelaskan," ujar KHR Achmad Azaim Ibrahimy.

Nilai filosofisnya, lanjut pengasuh keempat di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah ini, kaligrafi sepanjang 27 meter bermakna muktamar NU ke-27 di Situbondo.

Sedangkan lebar sembilan meter bermakna penyebar Islam di tanah Jawa yang dikenal dengan Wali Songo.

"17 santri sebagai penulis kaligrafi ini sama dengan jumlah rakaat salat, Alquran diturunkan pada tanggal 17 Ramadan, hari Kemerdekaan RI Juga pada tanggal 17," jelasnya.

Baca: Bocah Alfa Meninggal Usai Disuntik Pasca Operasi, Keluarga Tempuh Jalur Hukum

Dikatakan, untuk menyelesaikan tulisan kaligrafi ini, sebanyak 17 santri membutuhkan waktu selama 22 hari yang tepat dengan Hari Santri Nasional.

"Kaligrafi ini diangkat sebanyak 313 santri dengan berdizikir basmalah sebanyak 313 kali. Ini sesuai dalam Perang Badar yang diikuti sebanyak 313 sahabat," urainya.

Selain itu, penyangga atau pilar dari kaligrafi ini berjumlah sebanyak 7 pilar.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas