Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pos TNI AL di Lhokseumawe Aceh Dirusak Warga, Kapolda: Persoalan Sudah Selesai

ACEH - Detik-detik pos TNI AL dirusak oleh warga di TPI Pusong, Gampong Pusong Lama, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe, Aceh,

Editor: Sugiyarto
zoom-in Pos TNI AL di Lhokseumawe Aceh Dirusak Warga, Kapolda: Persoalan Sudah Selesai
Youtube
Detik-detik Pos TNI AL Dirusak Warga di Lhokseumawe, Aceh 

TRIBUNNEWS.COM, ACEH - Detik-detik pos TNI AL dirusak oleh warga di TPI Pusong, Gampong Pusong Lama, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe, Aceh.

Dilansir dari saluran youtube TV One, detik-detik pos TNI AL dirusak warga ini terjadi pada hari Rabu (17/4/2019)

Dalam video tersebut, terlihat puluhan warga berkumpul dan melakukan sejumlah aksi perusakan terhadap Pos TNI AL hingga tampak kobaran api

Dari video yang berdurasi pendek tersebut tampak situasi mencekam dan terlihat pula warga yang mengabadikan momen tersebut.

Tak berselang lama, polisi akhirnya dapat mengamankan lokasi dan membubarkan aksi perusakan warga.

Setelah massa bubar, sejumlah warga masih ada di sekitar pos dan mengamati sejumlah anggota TNI berjaga.

Dijelaskan oleh Danlanal Kolonel Laut, Muhammad Samsul Rizal, kejadian tersebut bermula dari tindakan seorang anak laki-laki yang memanjat tower radio milik TNI.

BERITA TERKAIT

"Awalnya ada anak kecil, karena di situ naik ke atas menara kemudian ditegur anggota pos, dan di sana anak kecil tidak mau, tidak mau dan lari," ungkapnya.

Tak berselang lama warga berbondong-bondong ke post TNI dan melakukan perusakan.

"Dan akhirnya masyarakat langsung menyerang ke pos itu, demikian akhirnya terjadilah ada pembakaran, kemudian perusakan kaca-kaca yang ada di pos," jelas Muhammad Samsul.

Dilansir dari Kompas.com dalam artikel 'Penyebab Perusakan Pos TNI AL oleh Massa di Lhokseumawe', Kapolda Aceh Irjen Pol Rio S Djambak menjelaskan penyebab perusakan Pos TNI AL Pusong oleh massa di Kota Lhokseumawe karena kesalahpahaman yang dipicu oleh emosi.

"Posnya Lanal ini adalah milik negara. Jika ada persoalan dapat dibicarakan dengan komandannya. Aceh ini sudah aman jangan dibuat tidak aman,” kata Rio dalam kunjungannya ke lokasi kejadian, Kamis (18/4/2019).

Dalam kunjungan tersebut, Kapolda yang didampingi oleh Danlanal Lhokseumawe Kolonel Laut (P) M. Sjamsul Rizal, Kapolres Lhokseumawe AKBP Ari Lasta Irawan dan juga Dandim 0103 Aceh Utara Letkol Inf Agung Sukoco serta beberapa pejabat Polda Aceh

Menurut Rio, perusakan pos TNI AL oleh massa sudah selesai antara warga dan Lanal Lhokseumawe, serta dimediasi oleh Forkopimda setempat, sehingga tidak ada lagi persoalan.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas