Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Hari Ini Potensi Awan Hujan Di Jambi Diprediksi Muncul, Operasi Hujan Buatan Pun Dioptimalkan

Hammam pun berharap agar operasi TMC pada 24 September ini kembali menghasilkan hujan di Jambi, seperti yang terjadi

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Hari Ini Potensi Awan Hujan Di Jambi Diprediksi Muncul, Operasi Hujan Buatan Pun Dioptimalkan
istimewa
Mulai Senin kemarin datang 2 Pesawat tambagan untuk perkuatan untuk operasi Teknologi Modifikasi Cuaca / hujan buatan di Pekanbaru yaitu Cassa 212-200 kapasitas 1 ton dan Hercules C-130 kapasitas 4 ton. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Perluasan terhadap penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Sumatra, melalui pengoperasian Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) telah dimulai pada Senin (23/9/2019).

Jambi menjadi provinsi selanjutnya di pulau Sumatra yang ditargetkan dalam operasi TMC.




Setelah sukses menghasilkan hujan di Jambi pada hari yang sama, operasi TMC yang dilakukan BPPT melalui Balai Besar Teknologi Modifikasi Cuaca (BBTMC) akan terus dioptimalkan pada Selasa (24/9/2019).

Hal itu karena berdasar hasil pantauan dari posko TMC di Pekanbaru dan Palembang, serta data dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), akan ada potensi awan hujan yang muncul pada hari ini.

Seperti yang disampaikan Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Hammam Riza.

"Hasil pantauan dan berdasar data BMKG imbuhnya, menunjukkan adanya potensi awan hujan di Jambi," ujar Hammam, di Jakarta, Senin (23/9/2019).

BERITA TERKAIT

Awan hujan itu merupakan objek yang akan disemai garam atau Natrium Klorida (NaCl) untuk menghasilkan hujan buatan.

Hammam pun berharap agar operasi TMC pada 24 September ini kembali menghasilkan hujan di Jambi, seperti yang terjadi pada Senin kemarin.

"Data menunjukkan potensi awan hujan yang cukup tinggi pada esok tanggal 24 September. Kami harap dan doa, semoga hujan dapat segera turun di Jambi," jelas Hammam.

Sebelumnya, Operasi TMC telah dilakukan di provinsi Jambi pada Senin (23/9/2019) dan menghasilkan hujan.

Hujan itu turun setelah BBTMC BPPT melakukan penyemaian kapur tohor aktif untuk mengurai partikel dan gas yang ada pada kabut asap.

Setelah terurai, maka penyemaian garam pun dilakukan pada potensi awan hujan yang ada, hingga akhirnya menghasilkan hujan di provinsi tersebut.

"Kabar baik, setelah semai Kapur Tohor, CaO dan Garam NaCl, telah turun hujan di Provinsi Jambi," ujar Hammam, melalui pesan singkatnya, di Jakarta, Senin (23/09/2019).

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas