Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

27 September Hingga 3 Oktober Stasiun Geofisika Waingapu Catat 36 Kali Gempa di Pulau Sumba

Stasiun Geofisika Waingapu merekam telah terjadi gempa bumi mengguncang wilayah Pulau Sumba dan sekitarnya pada pekan lalu selama 36 kali.

Editor: Dewi Agustina
zoom-in 27 September Hingga 3 Oktober Stasiun Geofisika Waingapu Catat 36 Kali Gempa di Pulau Sumba
Istimewa
Pihak Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui Stasiun Geofisika Waingapu, Kabupaten Sumba Timur merekam telah terjadi gempa bumi mengguncang wilayah Pulau Sumba dan sekitarnya pada pekan lalu selama 36 kali. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Robert Ropo

TRIBUNNEWS.COM, WAINGAPU - Pihak Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui Stasiun Geofisika Waingapu, Kabupaten Sumba Timur merekam telah terjadi gempa bumi mengguncang wilayah Pulau Sumba dan sekitarnya pada pekan lalu selama 36 kali.

36 kali gempa bumi itu terjadi di wilayah Pulau Sumba dan sekitarnya selama sepekan terhitung dari tanggal 27 September-3 Oktober 2019.

Kepala Stasiun Geofisika Waingapu, Arief Tyastama kepada POS-KUPANG.COM, Minggu (6/9/2019) menjelaskan, dari 36 kali gempa bumi mengguncang wilayah Sumba dan sekitarnya itu, satu di antaranya geterannya dirasakan.

Gempa bumi yang dirasakan itu yakni gempa bumi berkrkuatan 4.2 SR yang terjadi di Barat Daya, Kota Bima, NTB pada tanggal 27 September 2019 pada pukul 22:29:40 WIB.

Baca: Kronologis Aiptu Pariadi Tembak Istrinya Hingga Tewas Lalu Bunuh Diri Tembakkan Pistol ke Kepalanya

Gempa bumi itu dengan jarak 35 Km Barat Daya, Kota Bima, NTB dengan kedalaman 10 Km.

Gempa bumi itu tidak berpotensi tsunami.

BERITA TERKAIT

Arief juga menjelaskan, gempa bumi di wilayah Pulau Sumba dan sekitarnya didominasi oleh gempa bumi dangkal < 60 Km dengan presentase 81 persen atau 29 kejadian gempa bumi dan magnitudo M<4.0 dengan presentase 94 persen atau 34 kali kejadian gempa bumi.

Artikel ini telah tayang di pos-kupang.com dengan judul BMKG : 36 Kali Gempa Bumi Goyang Pulau Sumba

Sumber: Pos Kupang
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas