Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Lokalisasi GBL Akhirnya Ditutup, Ila Berniat Manfaatkan Bantuan Sosial Rp 6 Juta Buat Bikin Warteg

Lokalisasi yang berada di perbatasan antara Kota Semarang dan Kabupaten Kendal, Gambilangu atau yang lebih dikenal dengan sebutan GBL resmi ditutup.

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Lokalisasi GBL Akhirnya Ditutup, Ila Berniat Manfaatkan Bantuan Sosial Rp 6 Juta Buat Bikin Warteg
Tribunjateng.com/Eka Yulianti Fajlin
Wakil Wali Kota Semarang dan Bupati Kabupaten Kendal memberikan bantuan sosial kepada perwakilan WPS, Selasa (19/11/2019). Tribunjateng.com/Eka Yulianti Fajlin 

TRIBUNNEWS.COM, SEMARANG - Lokalisasi yang berada di perbatasan antara Kota Semarang dan Kabupaten Kendal, Gambilangu atau yang lebih dikenal dengan sebutan GBL resmi ditutup.

Penutupan GBL baik yang masuk wilayah Semarang maupun Wilayah Kendal dilakukan bersamaan di Lobby Terminal Mangkang, Selasa (19/11/2019).

Setidaknya ada 126 wanita pekerja seks (WPS) dari GBL Kota Semarang dan 100 WPS dari GBL Kendal yang dipulangkan ke daerah asal masing-masing.

Dirjen Rehabilitasi Sosial, Tuna Susila dan Korban Perdagangan Orang Kementerian Sosial, Waskito Budi Kusumo mengatakan, penutupan lokalisasi di seluruh Indonesia yang telah menjadi program pemerintah pusat ditargetkan rampung tahun ini.

Baca: Melihat Hari Terakhir Para Penghuni Lokalisasi Gambilangu Semarang Sebelum Ditutup

Baca: Lokalisasi Gambilangu Semarang Mulai Besok Ditutup

Ada 169 lokalisasi di seluruh Indonesia. Sedangkan Gambilangu menjadi lokalisasi ke 162 yang ditutup.

"Ini ke 162 dari 169. Target tahun ini," kata Waskito usai seremonial penutupan GBL di Terminal Mangkang Semarang, Selasa (19/11/2019).

Menurut Waskito, GBL menjadi lokalisasi yang terakhir ditutup di Jawa.

BERITA REKOMENDASI

Selanjutnya, pihaknya akan menutup lokalisasi di luar Jawa di antaranya Ambon, Sumatera Utara, Bangka Belitung, Bengkulu, Palangkaraya, Ketapang dan Timika Papua.

Suasana Lokalisasi Gambilangu Desa Sumberejo Kaliwungu Kabupaten Kendal saat ini, Senin (18/11/2019). Besok Selasa (19/11/2019) lokasi tersebut bakal ditutup secara permanen.
Suasana Lokalisasi Gambilangu Desa Sumberejo Kaliwungu Kabupaten Kendal saat ini, Senin (18/11/2019). Besok Selasa (19/11/2019) lokasi tersebut bakal ditutup secara permanen. (TRIBUN JATENG/DHIAN ADI PUTRANTO)

"Jawa sudah selesai. Setelah ini kami ke Ambon," tambahnya.

Dalam penutupan lokalisasi GBL, Kementerian Sosial mengucurkan anggaran sebesar Rp 1,3 miliar. Dana tersebut untuk lokalisasi wilayah Semarang dan Kendal.

Masing-masing WPS mendapatkan bantuan sosial (bansos) berupa uang Rp 6 juta.

Sebanyak Rp 250 ribu untuk dana transport, Rp 750 ribu sebagai dana jaminan hidup, dan Rp 5 juta untuk usaha ekononomi produktif.

Baca: Ada yang Menutup-nutupi, Warga Laporkan Kecelakaan Malah Diancam

Baca: Presiden Jokowi Akan Anugerahkan Gelar Pahlawan Nasional Kepada Enam Tokoh

"Kami dari Kemensos beri bantuan Rp 1,3 miliar terutama untuk para penerima manfaat. Untuk 126 orang yang di wilayah Semarang, dan di Kendal 100 orang," kata dia.

Selain bantuan sosial, lanjut Waskito, pihaknya juga memberikan bantuan bimbingan sosial berupa monitoring dan pendampingan. Jika pergembangan usaha mereka dinilai bagus, maka pihaknya bahkan membetiran bantuan pengembangan usaha produktif.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas