Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

DPD PDIP Jateng Buka Pendaftaran Calon Bupati dan Wali Kota Serta Wakilnya, Ini Tanggalnya

Akhirnya DPD Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Jawa Tengah membuka penjaringan bakal calon bupati/ wali kota serta wakilnya untuk pilkada

Editor: Sugiyarto
zoom-in DPD PDIP Jateng Buka Pendaftaran Calon Bupati dan Wali Kota Serta Wakilnya, Ini Tanggalnya
Tribunnews.com/ Fransiskus Adhiyuda
Ketua DPP PDI Perjuangan bidang Pemenangan Pemilu Bambang Wuryanto. 

TRIBUNNEWS.COM, SEMARANG - Akhirnya DPD Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Jawa Tengah membuka penjaringan bakal calon bupati/ wali kota serta wakilnya untuk pilkada 2020 mendatang.

Ketua DPP PDIP Bidang Pemenangan Pemilu sekaligus Ketua DPD PDIP Jateng, Bambang Wuryanto, menuturkan pembukaan pendaftaran dimulai pada 6 hingga 12 Desember 2019 mendatang.

"Selain di DPD PDI Perjuangan Jateng, pembukaan pendaftaran juga dilakukan di DPP," kata Pacul, sapaan akrabnya, Kamis (28/11/2019).




Seperti diketahui, ada 21 kabupaten/kota di Jateng yang akan menggelar pilkada serentak pada 2020.

Sebelumnya, pada surat DPP No 918/IN/DPP/XI/2019 tanggal 21 November 2019 perihal penegasan terkait pendaftaran bakal calon kepala daerah pilkada serentak 2020 tertuang pembukaan pendaftaran dilakukan 25-30 November 2019.

Lalu, DPP merevisi dengan melayangkan surat DPP PDI Perjuangan nomor 944/IN/DPP/XI/2019. Surat tersebut perihal Pengecualian Terkait Pendaftaran Bakal Calon Kepala Daerah Pilkada Serentak Tahun 2020 tertanggal 26 November 2019.

Surat ditandatangani Bambang Pacul dan Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto. Pengecualiaan jadwal penjaringan di Jateng dikatakan lantaran provinsi ini merupakan basis partai berlambang kepala banteng moncong putih itu.

BERITA TERKAIT

"Kami mempertimbangkan eksistensi PDI Perjuangan di Jateng sangat penting secara ideologis. Mengingat Jateng adalah basis partai dan sangat strategis ditinjau dari kepentingan partai untuk memenangkan pemilu 2024," jelasnya.

Hal itu juga ditegaskan Sekretaris DPD PDIP, Bambang Kusriyanto.

Ia mengatakan DPP menyampaikan pengecualian atau pengkhususan bagi bakal calon kepala daerah di Jateng yang belum mendaftar.

"Yang belum mendaftar atau mengambil formulir di DPC, dapat dilakukan melalui pintu DPD dan DPP pada 6-12 Desember nanti," kata Bambang Krebo, sapaannya.

Sebelumnya, dia menyampaikan siapapun boleh mendaftar. Penjaringan bersifat terbuka, artinya pendaftar tidak harus kader partai.

"Yang belum daftar di DPC (pengurus partai di kabupaten/kota), daftar saja di DPD. Semua orang boleh daftar, tidak hanya kader. Semua boleh daftar, tidak hanya Mas Gibran," ungkapnya.

Terkait peluang Gibran untuk mendapatkan rekomendasi jika jadi mendaftar di DPD PDIP, Krebo menuturkan semua pendaftar memiliki peluang yang sama.(mam)

Artikel ini telah tayang di Tribunjateng.com dengan judul DPD PDIP Jateng Buka Pendaftaran Bakal Calon yang Ingin Maju Pilkada 2020, Catat Tanggalnya, https://jateng.tribunnews.com/2019/11/28/dpd-pdip-jateng-buka-pendaftaran-bakal-calon-yang-ingin-maju-pilkada-2020catat-tanggalnya.

Sumber: Tribun Jateng
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas