Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kontur Jalan di Tol Cipali Tak Bermasalah, Penyebab Kecelakaan Diduga Karena Sopir Mengantuk

Kepala Humas Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub RI, Pitra Setiawan, mengatakan kontur jalan Tol Cipali tidak memiliki masalah.

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Kontur Jalan di Tol Cipali Tak Bermasalah, Penyebab Kecelakaan Diduga Karena Sopir Mengantuk
Istimewa
Kecelakaan maut menewaskan enam penumpang Toyota Avanza bernopol B 1076 PVC. Kecelakaan ini terjadi di KM 113.200 Tol Cipali, Kecamatan Pagaden, Kabupaten Subang, Minggu (1/12/2019). 

TRIBUNMNEWS.COM, SUBANG - Kasat Lantas Polres Subang AKP Bambang Sumitro mengatakan kecelakaan maut di Tol Cipali, Subang, Minggu (1/12/2019) pagi, bermula saat minibus yang dikemudikan Sutarno datang dari arah Palimanan ke arah Cikopo.

Kendaraan minibus tersebut menabrak dari belakang truk fuso pengangkut sepeda motor yang dikemudikan Imron hingga mengakibatkan kecelakaan maut yang menewaskan enam orang.

Truk fuso itu datang dari arah sama dengan kendaraan yang dikemudikan Sutarno pada lajur lambat atau kiri.

"Diduga sopir minibus Toyota Avanza kurang konsentrasi, tidak memperhatikan adanya kendaraan di depannya," kata Bambang.

Kepala Humas Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub RI, Pitra Setiawan, mengatakan, pihaknya bekerja sama dengan aparat kepolisian untuk melakukan penyelidikan.

"Kami menyampaikan ucapan dukacita atas musibah yang terjadi," ujar Pitra.

Ia pun meminta para pengguna jalan, khususnya yang tengah melewati jalan tol, untuk terus waspada saat berkendara.

Baca: Ini Firasat Tetangga Korban Kecelakaan di Tol Cipali

Baca: Kecelakaan Maut Tol Cipali, Sekeluarga Ternyata Habis Antar Orangtua Berangkat Umroh

BERITA TERKAIT

Pitra mengimbau para pengguna jalan ini untuk segera beristirahat jika mengalami kelelahan saat mengemudi di area jalan tol karena saat ini sudah banyak didirikan rest area.

Hal ini, menurutnya, bisa meminimalisasi angka kecelakaan.

"Perhatikan selalu rambu-rambu dan marka jalan serta berhenti (untuk) beristirahat jika lelah, jangan memaksakan diri," kata Pitra.

Pitra menyampaikan bahwa Kementerian Perhubungan juga terus berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT).

Menurutnya, kontur jalan Tol Cipali tidak memiliki masalah.

Kecelakaan maut menewaskan enam penumpang Toyota Avanza bernopol B 1076 PVC. Kecelakaan ini terjadi di KM 113.200 Tol Cipali, Kecamatan Pagaden, Kabupaten Subang, Minggu (1/12/2019).
Kecelakaan maut menewaskan enam penumpang Toyota Avanza bernopol B 1076 PVC. Kecelakaan ini terjadi di KM 113.200 Tol Cipali, Kecamatan Pagaden, Kabupaten Subang, Minggu (1/12/2019). (Istimewa)

"Kalau secara geometrik jalan tidak ada masalah dengan ruas Cikampek-Palimanan. Namun, kami telah berkoordinasi dengan Kementerian PUPR dan BPJT untuk melakukan manajemen rekayasa lalu lintas guna mengurangi kecepatan kendaraan," ujar Pitra.

Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub RI, Budi Setiyadi, mengaku akan melakukan pengecekan terkait peristiwa kecelakaan lalu lintas yang terjadi di KM 113 Tol Cipali, Minggu (1/12/2019) pagi.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jabar
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas